Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bawaslu Jatim Buru Fakta Surat Hoaks Soal Pilkada Jember ke Hotel di Sidoarjo

Nur Elya Anggraini, komisioner Bawaslu Jatim


Jember (beritajatim.com)
– Badan Pengawas Pemilu Jawa Timur memburu fakta surat palsu (hoaks) terkait pemilihan kepala daerah Kabupaten Jember yang mencatut nama lembaga tersebut hingga hotel di Kabupaten Sidoarjo.

Dalam surat bernomor 0462/K.JI/HM.00/XII/2021 dengan kop Bawaslu Jatim disebutkan, pasangan calon bupati Faida dan calon wakil bupati Dwi Arya Nugraha Oktavianto diundang untuk hadir di Ruang Flamboyan I, Fave Hotel, Jalan Jenggolo Nomor 15, Pucang, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, pada Rabu 22 Desember 2021 pada pukul 10.00 – 11.00.

Agenda acara di hotel itu adalah sosialisasi dan tindak lanjut hasil putusan Mahkamah Agung tentang pelanggaran TSM (Terstruktur Sistematis dan Massif) salah satu pasangan calon pada pilkada serentak Kabupaten Jember.

“Kami menyampaikan bahwa surat tersebut palsu. Secara kelembagaan, Bawaslu Jatim tidak pernah mengeluarkan surat resmi dengan maksud, tujuan dan tanggal acara sebagaimana dalam kegiatan tersebut,” kata Nur Elya Anggraini, salah satu komisioner.

Elya memutuskan mendatangi lokasi yang disebutkan dalam surat palsu itu untuk mengecek langsung, Rabu kemarin, karena ada informasi bahwa kegiatan itu benar-benar berlangsung. “Begitu masuk lift hotel, kami melihat ada semacam pemberitahuan bahwa acara Bawaslu di ruangan Flamboyan II,” katanya, Jumat (24/12/2021).

Semula Elya menuju ruang Flamboyan I sesuai yang tertera dalam surat palsu itu. “Ternyata di situ ada acara perayaan ulang tahun. Kami akhirnya menuju Flamboyan II dan di ruangan itu sudah tidak ada orang. Menurut pihak hotel, acara sudah selesai, dan dihadiri lima orang,” katanya.

Banyak bungkus nasi yang tak tersentuh. “Kami ditawari pihak hotel untuk membawa pulang bungkusan nasi yang belum tersentuh itu. Tapi kami tolaklah,” kata Elya tertawa. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar