Politik Pemerintahan

Baru Renovasi, Puskesmas Pembantu di Malang Sudah Mangkrak

Bangunan Puskesmas di Kecamatan Poncokusumo Malang mangkrak

Malang (beritajatim.com) – Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Darmadi menyayangkan kondisi bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang mangkrak. Meski sudah dilakukan renovasi tahun 2019 lalu, atap bangunan sudah bocor. Bahkan dinding juga berlumut. Kondisi ini membuat tenaga medis yang bekerja merasa kurang nyaman.

“Seharusnya bangunan itu bisa digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat,” ungkap Darmadi, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Kamis (18/6/2020).

Kata Darmadi, bangunan Pustu tersebut berada di sebuah balai desa Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Selain sarana kesehatan yang kurang layak, kondisi serupa juga terlihat pada kondisi bangunan balai desa. Selain terlihat tidak terawat, juga mirip seperti bagunan tua yang tidak difungsikan.

Menanggapi hal itu, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pro-Desa Malang sangat menyayangkan bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang mangkrak dan tidak digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat  lantaran dalam kondisi yang memprihatinkan.

Koordinator Badan pekerja LSM Pro-Desa, Achmad Khoesairi menjelaskan, bangunan Pustu di  Poncokusumo tersebut, padahal baru saja di renovasi, namun kondisi saat ini sangat memperhatikan.

Bangunan Puskemas di Poncokusumo Malang mangkrak

“Bidan desa enggan menggunakan Pustu itu karena kondisinya sangat memprihatinkan. Kondisi atap yang bocor jika hujan, dan dinding yang berlumut,” ucap Khoesaeri.

Menurut Khoesairi, bangunan Pustu itu, di tahun 2019 silam baru di perbaiki, namun hingga saat ini banyak genting yang jatuh, dan tampak tidak terawat.

“Masak fasilitas kesehatan kondisinya tidak sehat. Baru direnovasi tahun lalu, tapi untuk kontraktor dan RAB-nya gak tahu. Seharusnya ada papan nama proyek itu,” paparnya. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar