Politik Pemerintahan

Baru 3 Kecamatan di Gresik yang Bisa Lakukan Perekaman e-KTP

Foto/ilustrasi KTP

Gresik (beritajatim.com) – Molornya perekaman e-KTP sampai saat ini masih menjadi kendala di sejumlah kecamatan. Salah satunya di wilayah Kabupaten Gresik. Di daerah tersebut baru tiga kecamatan yang bisa melakukan pencetakan e-KTP. Ketiga kecamatan itu diantaranya Benjeng, Dukun, dan Kecamatan Kedamean.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Gresik, Khusaini. “Tiga kecamatan itu berada di wilayah Gresik utara dan selatan, mengingat jarak ke kantor Dispendukcapil cukup jauh,” katanya, Minggu (15/11/2020).

Selain menempatkan tiga kecamatan, Dispendukcapil Gresik juga mempersiapkan Kecamatan Tambak dan Sangkapura di Pulau Bawean. Sedangkan kecamatan lain sedang menunggu pengadaan peralatan baru.

Khusaini mengungkapkan, masih ada ribuan warga Gresik yang belum mencetak e-KTP. Hasil coklit KPU per september kemarin, lanjut Khusasini, ada 11.004 orang yang belum rekam. “Setelah kita validasi tinggal 8.623 orang. Data ini sudah disebar di seluruh desa agar disampaikan ke warga,” pungkasnya.

Sementara Camat Sidayu, Nuryadi saat dikonfirmasi mengaku baru bisa melakukan perekaman saja di Kecamatannya. Sedangkan cetak e-KTP masih bergantung di kecamatan lain. “Kalau merekam bisa, kalau cetak ya di Kecamatan Dukun,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Camat Menganti, Sujarto. Di wilayahnya baru bisa sebatas perekaman. Terkait dengan ini, Ketua Fraksi Partai Nasdem, Musa mendesak kepada Dispendukcapil untuk segera merealisasikan cetak admnistrasi kependudukan di tingkat kecamatan.

Apalagi anggaran sudah digedok dan masuk APBD 2020. “Ini sudah November 2020 kok belum terealisasi. Layanan tersebut sangat dibutuhkan dan ditunggu-tunggu masyarakat khususnya di pulau Bawean,” tandasnya. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar