Politik Pemerintahan

Bapenda Jatim Persembahkan ‘Samsat Tangguh’ Menuju New Normal

Surabaya (beritajatim.com) – Optimalisasi layanan pembayaran pajak terus dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim bersama Dirlantas Polda Jatim dan PT Jasa Raharja. Salah satunya dengan mengoperasikan mobil Samsat Keliling (Samling) untuk mendukung kampung tangguh Covid-19 selama masa transisi new normal ini.

Kepala Bapenda Jatim, Boedi Prijo Soeprajitno kepada wartawan di kantornya, Jumat (12/6/2020) mengatakan, layanan tersebut sebagai Samsat Tangguh dan mulai beroperasi di Malang serta Trenggalek. Boedi mengakui, kehadiran Samsat Tangguh cepat menarik animo masyarakat. Dalam satu hari, satu Samsat Tangguh bisa melayani hingga 160 transaksi pembayaran pajak.

“Responnya bagus. Sementara yang sudah berjalan dua unit mobil Samsat Tangguh dan rencananya akan dioperasikan sebanyak 25 Samsat Tangguh,” tutur Boedi Prijo.

Dijelaskan Boedi, Samsat Tangguh merupakan replikasi dari Samsat Keliling yang selama pandemi Covid-19 ini tidak dioperasikan karena bisa menimbulkan kerumunan. Karena itu, mobil Samsat keliling dimanfaatkan untuk mendukung Kampung Tangguh yang digagas Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda Jatim.

“Selama pandemi Covid-19 ini Samsat Keliling kami manfaatkan untuk mendukung layanan di Samsat induk. Karena jika diterjunkan di luar akan berpotensi menghadirkan kerumunan orang,” tutur Budi.

Untuk mendukung kampung tangguh, Samsat keliling ini dijadwalkan secara bergantian ke beberpa titik yang dituju. “Support untuk kampung tangguh sudah terjadwal. Jadi, mobil itu posisinya untuk mensupport layanan di Samsat sekaligus digerakkan ke kampung tangguh,” tutur Boedi.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jatim, Kombespol Budi Indra Dermawan menuturkan, seluruh layanan pembayaran pajak telah dibuka kembali seperti sediakala. Untuk Samsat Induk dibuka mulai pukul 08.00-13.00 pada Senin-Sabtu. Sementara Samsat Corner yang semula tutup, kini kembali dibuka sesuai jam operasional mall.

“Jam pelayanan normal kembali. Tetapi tetap mengedepankan pola-pola yang ketat sesuai protokol Covid-19. Mulai dari penataan jarak antrean, penggunaan face shield, sarung tangan, hand sanitizer dan fasilitas cuci tangan menggunakan sabun,” pungkas Kombespol Budi. [tok/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar