Politik Pemerintahan

Bapenda Bikin E-SPPT PBB, Wali Kota dan Wawali Kota Malang Langsung Bayar Pajak

Wali Kota Malang Sutiaji dan Istrinya Widyawati saat membayar pajak melalui E-SPPT PBB.

Malang (beritajatim.com) – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang membuat inovasi Elektronik Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan (E-SPPT PBB). Dengan inovasi ini wajib pajak bisa membayar melalui toko modern, aplikasi market place dan Bank Jatim.

Duet kepala daerah Wali Kota Malang Sutiaji dan Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko langsung mempraktekan membayar pajak melalui E-SPPT. Kebetulan program ini dilaunching di halaman depan Balai Kota Malang, Rabu, (7/4/2021). Mereka mengapresiasi inovasi pelayanan terbaru dari Bapenda.

Wawali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menunjukan bukti pembayaran pajak melalui E-SPPT PBB.

“Ini merupakan komitmen kita bagaimana pelayanan publik yang prima menjadi fokus utama. Seperti Bapenda ini dengan E-SPPT PBB bisa memudahkan wajib pajak yang bisa dilakukan dimana saja. Ketika mau cek tinggal kunjungi website htyp://pajak.malangkota.go.id/sppt/. Jadi mencetak dari rumah masing-masing pun sudah bisa,” kata Wali Kota Malang, Sutiaji.

Sutiaji mengatakan, ke depan inovasi dari setiap OPD di Kota Malang harus berbasis aplikasi yang dapat diunduh di handphone masing-masing. Inovasi ini untuk mendorong pelayanan publik yang prima dan transparan.

Senada dengan Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi juga langsung mempraktekan membayar E-SPPT. Dia membayar untuk rumah pribadinya di Kawasan Janti, Kota Malang dengan nominal Rp405 ribu. Menurutnya dengan inovasi ini pembayaran jadi lebih mudah bagi wajib pajak.

“Jumlah tempat pembayarannya tersebar di sekitar wajib pajak maupun di genggaman kita lewat e-banking semoga semakin memudahkan masyarakat efektif, efisien dan tidak menggangu pekerjaan atau kegiatan rutin kita semua. Tinggal kesadaran wajib pajak yang menjadi penting, karena masyarakat gak hanya menunggu SPPT fisik saja baru bisa bayar, tapi bisa ngececk langsung SPPT secara online,” tutur Sofyan.

Sementara itu, Kepala Bapenda Kota Malang, Handi Priyanto mengungkapkan, dengan E-SPPT PBB kendala wajib pajak untuk membayar bisa tertuntaskan semua. Wajib pajak cukup mengingat nilai obyek pajak untuk mencetak SPPT. Dengan kemudahan ini dia berharap mampu memicu naiknya Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor PBB dan juga mempermudah pelayanan prima.

“Untuk pembayaran, kita kerja sama dengan Bank Jatim. Jadi bisa bayar dimana saja. Jadi mempermudah masyarakat dan meningkatkan PAD itu bisa tercapai targetnya. Akan tetapi saat ini memang baru PBB, ke depan akan kita kembangkan ke berbagai jenis pajak yang lainnya,” tandas Handi. [luc/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar