Politik Pemerintahan

Banyuwangi Tambah 10 Ribu Alat Rapid Test

Banyuwangi (beritajatim.com) – Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, saat ini pihaknya juga terus menambah upaya rapid test bagi warga. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dan berupaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Kami terus melakukan rapid tes secara acak khususnya di lokasi-lokasi yang biasanya merupakan tempat bertemunya banyak orang seperti pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Kami saat ini juga sudah kembali memesan sepuluh ribu alat rapid test untuk pemeriksaan gelombang berikutnya,” kata Anas.

Anas juga mengimbau agar warganya tetap menjaga protokol kesehatan.

”Mari semuanya tetap patuhi protokol kesehatan, baik ketika beraktivitas di rumah maupun di luar rumah,” terang Anas.

Anas juga mengapresiasi langkah BUMN PT Pelindo III (Persero) menggelar rapid test masal secara gratis untuk 3.000 orang di Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Tanjung Wangi, secara bergelombang selama tiga hari.

”Apa yang dilakukan oleh BUMN PT Pelindo III ini menjadi salah satu cara untuk mendeteksi dini dan memitigasi penyebaran Covid-19. Terima kasih BUMN,” ujar Anas saat meninjau langsung pelaksanaannya di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, bersama Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara, Kamis (4/6/2020).

Rapid test gratis itu diprioritaskan untuk anak buah kapal (ABK), warga di sekitar Pelabuhan Banyuwangi, dan pelaku logistik yang digelar secara bertahap selama tiga hari.

Sementara itu, PT Pelindo III Cabang Tanjung Wangi M. Nizar Fauzi mengatakan, rapid test massal tersebut dilaksanakan selama tiga hari sejak Selasa hingga Kamis (2-4/6/2020).

“Per pagi tadi, ada satu yang reaktif, kemudian ditindaklanjuti ke otoritas kesehatan. Nanti kami update lagi perkembangannya,” terang Nizar. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar