Politik Pemerintahan

Banyuwangi Dikeroyok Dua Menteri, Percepat Pemulihan Ekonomi

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (kiri) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama (tengah) didampingi oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di sela rapat koordinasi di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Rabu (29/7/2020).

Banyuwangi (beritajatim.com) – Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama datang ke Banyuwangi.

Mereka menggelar rapat kordinasi, khususnya dalam percepatan pengembangan pariwisata di Bumi Blambangan. Sejumlah strategi dibahas.

“Sekarang tantangan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi harus kita hadapi bersama-sama. Harus kompak,” ujar Luhut, Rabu (29/7/2020).

Dalam pemaparannya, sejumlah rencana besar disebut. Termasuk rencana pembangunan sarana transportasi cable car menuju ke Gunung Ijen.

“Saya barusan telon Bu Menteri saat ini sedang proses, kita tunggu, semoga tidak la lagi,” ungkapnya.

Kedua, lanjut Luhut, percepatan penyelesaian industri kereta api berorientasi ekspor oleh PT INKA. Sektor ini nantinya bakal menyerap banyak pekerja. Rencana penyelesaiannya bakal tercapai 2021 mendatang.

Tak hanya itu, Luhut juga meminta pemerintah pusat, propinsi dan kabupaten mempercepat pengembangan ekonomi Banyuwangi. Termasuk swasta agar turut berkontribusi mendukung Banyuwangi.

“Banyuwangi sudah sangat bagus, kita dukung bersama. Seperti kementrian dan BUMN, termasuk Traveloka dan Dana, saya minta ayo terus garap Banyuwangi yang sudah bagus ini agar semakin bagus,” ujar Luhut.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyebut, ini sebuah strategi percepatan ekonomi besar bagi daerahnya. Hal ini juga akan segera mendorong semangat untuk pemulihan ekonomi warganya.

“Sejak kedatangan Presiden Jokowi dan Gubernur Jatim Ibu Khofifah ke Banyuwangi akhir Juni lalu, alhamdulillah ekonomi terus menggeliat, dengan tetap kita tidak melupakan penanganan Covid-19. Tentu kami yakin pemulihan ekonomi Banyuwangi bisa cepat untuk segera kembali membuka banyak lapangan kerja bagi warga,” pungkas Anas.

Rapat itu juga diikuti oleh Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Menteri BUMN Susyanto, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dan sejumlah CEO/direktur utama mulai dari Garuda Indonesia, Perhutani, Traveloka, dan Dana. (rin/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar