Politik Pemerintahan

Banyak Petugas KPPS Meninggal, FK Unair Desak Pemerintah Lakukan Ini

Surabaya (beritajatim.com) – Indonesia telah melakukan Pemilu dengan damai. Sayangnya pesta demokrasi tersebut diwarnai dengan sejumlah keprihatinan, salah satunya yakni banyaknya petugas KPPS yang meninggal akibat kelelahan saat menjalankan tugas di Pemilu 2019.

Hingga 6 Mei 2019 sebanyak 409 petugas KPPS meninggal dunia dan 5550 sakit. di Jawa Timur sebanyak 92 petugas KPPS meninggal dan 844 sakit. Terkait hal tersebut Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) melalui Dr. Poedjo Hartono dr. Sp.OG (K) mengatakan keprihatinannya.

Dia juga menyampaikan penghormatan kepada semua KPPS yang telah bekerja keras tanpa mengenal lelah untuk kelancaran dan keberlangsungan Pemilu 2019. Dr. Poedjo selaku Dekan FK Unair mengeluarkan surat pernyataan keprihatinan resmi terkait hal tersebut, Jumat (10/5/2019).

Dalam suratnya Dr. Poedjo mengatakan untuk petugas yang meninggal, FK Unair menyatakan berduka cita, mengusulkan agar KPU memberikan piagam penghargaan dan mendesak pemerintah agar memberikan dana santunan dan mempermudah proses administrasinya.

Selain itu, bagi petugas yang sakit atau sedang dirawat agar seluruh biaya perawatan ditanggung oleh pemerintah. Serta memberikan biaya santunan agar dapat berkegiatan secara maksimal kembali.

“Kami mendorong dan siap berkerjasama dengan seluruh Fakultas Kedokteran di Jawa Timur, Ikatan Alumni FK Unair di seluruh Jatim, Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, RSUD Dr Soetomo, RSUA, dan seluruh stake holder terkait untuk melakukan penelitian medis terkait musibah ini khususnya di Jatim dengan harapan adanya bukti ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan untuk kepentingan bangsa dan negara,” ujar dr. Poedjo melalu surat edaran resmi FK Unair.

Kedepannya, Dr. Poedjo mengatakan bahwa penting untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan psikologis bagi para petugas KPPS dengan mempertimbangkan aspek usia, faktor penyakit yang pernah diderita terutama penyakit degeneratif dan penyakit menular lainnya.

Selain itu, memberikan pelayanan kesehatan bagi para petugas KPPS yang mengeluh sakit saat bertugas, dan juga memperhitungkan jam kerja dan memperkecil beban kerja, serta pemerintah harus memberikan asuransi bagi petugas yang sakit hingga meninggal. [adg/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar