Politik Pemerintahan

Banyak KPPS Jatuh Sakit, KPU Kabupaten Kediri Minta Bantuan Tim Medis

Kediri (beritajatim.com) – KPU Kabupaten Kediri mengusulkan adanya tim medis dari pemerintah untuk para petugas pemungutan suara. Hal ini menyusul banyaknya anggota KPPS yang sakit akibat kelelahan pemungutan suara hingga proses rekapitulasi.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri, Sapta Andaru Isworo. Banyaknya anggota KPPS yang kecapekan dan sakit, pasca proses Pemilu hingga rekapitulasi, membutuhkan perhatian serius dari berbagai pihak.

“Kami mengusulkan adanya tim medis di masing-masing kecamatan untuk menjaga kondisi mereka. Kami berkirim surat ke Pemkab Kediri dalam hal ini Bupati Kediri untuk membantu mengatasi kesehatan para KPPS,” kata Sapta Andaru Isworo.

KPU meminta secara langsung kepada Pemerintah Kabupaten Kediri untuk segera merealisasi usulan tim medis tersebut. Sebab, saat ini sedang dilakukan proses rekapitulasi dari masing-masing kecamatan untuk disetor ke KPU daerah.

Sejauh ini, kata Sapta, ia mendapati laporan puluhan anggota KPPS yang sakit akibat kelelahan. Adanya tim medis itu nantinya juga dapat menunjang kesehatan dan performa petugas PPK dalam input data Pemilu.

Sesuai data di KPU Kabupaten Kediri, angka partisipasi warga kediri mencapai 83 persen pada Pemilu serentak 2019. Hasil ini merupakan kerja keras semua pihak, salah satunya adalah relawan demokrasi yang menyisir pemilih pinggiran dalam berpartisipasi. [nng/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar