Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bantuan Kemanusiaan di Tengah Pandemi, SIER Diganjar Penghargaan

Surabaya (beritajatim.com) – PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) Persero menerima penghargaan dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Ini karena selama ini SIER dengan sukarela memberikan bantuan untuk kegiatan sosial kemanusiaan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya.

Piagam penghargaan tersebut bernomor: 002/9319/436.2.1/2021. Pemberian penghargaan diserahkan langsung Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, dalam acara Peringatan Hari PMI ke-76 Tahun 2021 dan Pemberian Penghargaan kepada Donor Darah Sukarela oleh Wali Kota Surabaya, di Graha Sawunggaling, Jumat (17/9/2021).

Saat memberikan sambutan, Wali Kota Eri mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen di Surabaya, yang telah memberikan bantuan kemanusiaan utamanya saat pandemi kepada PMI. Sehingga fungsi PMI bisa berjalan maksimal mulai dari kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana hingga pelayanan transfusi darah.

“Bantuan yang telah diberikan ini menunjukkan bahwa Surabaya adalah kota yang gotong royong, kota yang penuh empati dan bahu-membahu dalam semua permasalahan yang ada di Kota Surabaya. Sehingga bantuan itu bisa bermanfaat untuk warga Surabaya khususnya yang digerakkan oleh PMI,” ujar Wali Kota Eri melalui rilisnya kepada beritajatim.com.

Dengan terus mengalirnya bantuan kemanusiaan ini, lanjut Wali Kota Eri, membuat Pemkot Surabaya yakin bisa melewati pandemi Covid-19. Hasilnya, saat ini Surabaya berstatus Level 1. “Dulu ada yang tidak percaya Surabaya bisa Level 1. Masuk Level 3 saja sudah untung-untungan. Tapi sekarang bisa turun di level paling rendah. Itu bisa terjadi karena kebersamaan dan gotong royong,” tandasnya.

Wakil Ketua I PMI Surabaya, Tri Siswanto menambahkan, kinerja PMI Surabaya di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 ini berkat partisipasi warga Kota Pahlawan. Diantaranya perihal donor darah, penggalangan donor darah, donatur hingga penggerak donatur.

“PMI Surabaya bisa jalan karena ada semua komponen ini. Makanya di HUT PMI ke-76 ini, Wali Kota Surabaya memberikan penghargaan kepada mereka. Jadi yang memberikan penghargaan bukan PMI, tapi wali kota karena semua bantuan itu akan kembali ke warga Surabaya,” terangnya.

Tri Siswanto berharap, bantuan dari sukarelawan ini bisa menjadi bola salju, dimana semakin lama semakin baik dan semakin besar. Sehingga PMI bisa membantu warga Surabaya, Jawa Timur dan Indonesia.

“Partisipasi warga Surabaya untuk donor sangat tinggi. Setahun rata-rata jumlah pendonor darah bisa mencapai 200 ribu lebih. Sedangkan untuk donor konvalesen yang telah didistribusikan mencapai 16.750. Jumlah ini terbesar di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Direktur Operasi PT SIER Didik Prasetiyono mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, yang telah memberikan penghargaan kepada SIER. Keterlibatan SIER sebagai BUMN pengelola kawasan industri dalam bantuan kemanusiaan yang selama ini diberikan SIER kepada PMI Surabaya, murni karena panggilan kemanusiaan.

Selama ini, kata Didik, SIER sering bekerjasama dengan PMI Surabaya dalam berbagai kegiatan. Diantaranya beberapa kali menyelenggarakan screening donor plasma konvalesen dan kegiatan donor darah. Selain itu, juga memberikan bantuan dana ke PMI Surabaya.

“Kami berbahagia karena bisa ikut membantu PMI. Sesuai arahan Bapak Menteri BUMN, Ibu Gubernur Jawa Timur dan Bapak Walikota Surabaya kepada PT SIER, kami sebagai pengelola kawasan industri di Rungkut-Surabaya, Berbek-Sidoarjo dan Rembang-Pasuruan didorong bersama para tenant-tenant perusahaan utuk terlibat dalam satgas penanggulangan bencana termasuk saat Pandemi Covid-19 ini. Sekali lagi atas nama manajemen SIER kami berterima kasih Pak Walikota Surabaya atas penghargaan ini,” pungkasnya. (tok/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar