Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bantu Penanganan Erupsi Gunung Semeru, Eri Kirim Kendaraan Berat dan Logistik

Surabaya (beritajatim.com) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meminta jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk membantu bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang dengan mengirimkan kendaraan berat, puluhan personel dan juga bantuan logistik.

Sebelum berangkat ke lokasi bencana, mereka menggelar apel persiapan di Balai Kota Surabaya, Minggu (5/12/2021). Apel persiapan pemberangkatan itu dipimpin oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan perlindungan Masyarakat Irvan Widiyanto. Hadir pula saat itu Sekretaris BPB Linmas Yusuf Masruh, Kabid Linmas Yudi Eko Handono, dan Kasubid Kedaruratan Arif Sunandar Pranoto Negoro, beserta puluhan personel yang sudah siap diberangkatkan.

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Irvan Widyanto menjelaskan bahwa setelah Wali Kota Eri mengetahui informasi bencana itu, BPB Linmas beserta beberapa dinas lainnya diminta untuk berangkat membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang. Akhirnya, mulai pagi ini bantuan itu diberangkatkan.

“Pak Wali sering mendengungkan kolaborasi dan gotong royong dalam menyelesaikan suatu permasalahan, apalagi beliau menjadi koordinator Kepala Daerah di Jawa Timur. Begitu mendengar kejadian (Erupsi Gunung Semeru), beliau langsung memerintahkan membantu semaksimal mungkin,” kata Irvan di ruang kerjanya.

Irvan menerangkan bahwa seluruh personil dari Pemkot Surabaya membantu Pemkab Lumajang hingga bencana erupsi Gunung Semeru dinyatakan selesai. “Jumlahnya sebanyak 55 personel. Dari BPB Linmas sebanyak 17 personil, Dinas PMK sebanyak 24 personil, Satpol PP sebanyak 11 personil, dan Dinsos sebanyak 3 personil,” terangnya.

Sedangkan untuk kendaraan berat yang dikirimkan oleh Pemkot Surabaya adalah dua unit Truk, satu unit Truk Dapur Umum, dua unit Truck Water Supply, tiga unit Truk Pemadam, satu unit Skywalker, satu unit Bronto Skylift 44, dan tiga unit Pick up. “Yang paling penting juga kami membawa bantuan logistik untuk para korban erupsi Gunung Semeru,” tegasnya.

Bantuan logistik itu diantaranya mie instan sebanyak 60 dus, biskuit sebanyak 17 dos, dan selimut sebanyak 200 buah. Sedangkan untuk saat ini, tim dari Pemkot Surabaya sedang menuju ke Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, yakni lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Perkembangan di Pendopo Arya Wiraraja, tim langsung berkoordinasi terkait penempatan personil, unit kendaraan maupun peralatan yang akan difungsikan untuk membantu penanganan dampak erupsi Gunung Semeru,” pungkasnya. (asg/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar