Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bantu Atasi Banjir, Kader PDIP Desa Tiwet Lamongan Kerahkan Perahu Penghancur Eceng Gondok

Kader PDIP Ranting Desa Tiwet bersama warga saat membersihkan lebatnya eceng gondok di kawasan Bengawan Njero, Senin (10/1/2022).

Lamongan (beritajatim.com) – Untuk mengatasi lebatnya eceng gondok yang berada di kawasan Bengawan Njero Lamongan, kader PDI Perjuangan bersama warga di Desa Tiwet Kecamatan Kalitengah memodifikasi perahu penghancur eceng gondok.

Sebelumnya, lebatnya eceng gondok dianggap sebagai salah satu penyebab banjir yang mengenangi kawasan Bengawan Njero selama beberapa pekan ini tak kunjung surut. Sehingga warga setempat kerap membersihkannya secara manual.

Kini, melalui perahu hasil kreasi kader PDIP ini, diharapkan bisa lebih membantu pemerintah dalam menangani persoalan lebatnya eceng gondok yang terjadi di Kawasan Bengawan Njero.

“Lebatnya eceng gondok disebut sebagai salah satu penyebab banjir yang hingga saat ini masih menggenang di sejumlah kawasan Bengawan Njero. Pembersihan kerap dilakukan dengan beragam peralatan ataupun manual,” ujar salah seorang anggota PDI-Perjuangan Tiwet, Saim kepada wartawan, Senin (10/1/2022).

Untuk membuat perahu penghancur eceng gondok ini, Saim menjelaskan, mereka menghabiskan uang sekitar Rp 35 juta, yang semuanya berasal dari urunan para anggota dan kader partai yang ada di Desa Tiwet.

“Perahu ini adalah hasil ‘urunan’ dari kader-kader PDI-Perjuangan Desa Tiwet,” ujar Saim.

Lebih rinci, perahu hasil kreasi kader ranting PDIP Desa Tiwet ini memiliki sejumlah baling-baling di beberapa bagiannya. Tak hanya di bagian buritan, namun juga 2 baling-baling lainnya yang berada di bagian depan perahu.

Selanjutnya, perahu modifikasi ini juga dibekali dua mesin. Satu mesin diesel untuk baling-baling sebagai penggerak perahu, sedangkan satu mesin lagi yang ukurannya lebih besar, terletak di tengah-tengah perahu.

Mesin diesel yang lebih besar ini, dirakit dengan 2 baling-baling tajam yang berada di depan perahu, yang berfungsi sebagai penghancur eceng gondok. Selain itu, bentuk perahu ini pun cukup unik karena persegi. Bagian depan maupun buritan perahu tak berbentuk runcing seperti layaknya perahu lain.

Kader PDIP Ranting Desa Tiwet bersama warga saat membersihkan lebatnya eceng gondok di kawasan Bengawan Njero, Senin (10/1/2022).

Selain mengerahkan perahu penghancur eceng gondok, kader dan anggota partai berlogo moncong putih ini juga terjun langsung untuk membersihkan eceng gondok. Hal itu sengaja dilakukan untuk menyemarakkan peringatan HUT PDI Perjuangan yang ke-49.

Dalam agenda bersih-bersih kali ini, Saim menyebut, mereka telah membersihkan lingkungan Bengawan Njero sepanjang lebih kurang 700 meter. Ia menegaskan, upaya ini akan terus dilakukannya, melalui kerja sama dengan sejumlah pihak yang berwenang.

“Bersih kali Bengawan Njero ini adalah tugas semua pihak, tak hanya pemerintah, tapi juga semua elemen masyarakat. Kami akan berupaya terus membantu pemerintah untuk mengatasi banjir ini,” pungkasnya.[riq/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar