Politik Pemerintahan

Banjir Magetan, Anggota DPRD Jatim Minta Pemkab Evaluasi Sistem Drainase

Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timue Diana Sasa Amaliyah Verawatiningsih.(Foto/Ade Mas Satrio).

Magetan (beritajatim.com) – Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur Diana Sasa AV meminta pemerintah Kabupaten Magetan mengevaluasi sistem drainase untuk mengantisipasi banjir yang terjadi di Magetan akhir-akhir ini.

“Secara kontur tanah Magetan memang cenderung posisinya agak miring ya, jadi sebenarnya rawan air mengalir dari daerah atas ke daerah yang lebih rendah,” kata Diana Sasa AV kepada beritajatim.com, Rabu (17/3/2021).

Selain itu, curah hujan akhir-akhir ini memang cukup deras. Saking derasnya hingga daerah-daerah di kemiringan dan daerah di bawahnya itu tidak mampu lagi menampung limpahan air hujan dari daerah atas. “Ketidakmampuan itu berkaitan erat dengan sistem drainase tentunya. Ini jelas evaluasi besar untuk Pemkab, perlu cek ulang bagaimana sistem drainasenya,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk tata kelola rencana tata ruangan wilayahnya (rtrw) juga harus dievaluasi. Apakah daerah-daerah resapan sudah sesuai peruntukannya. “Daerah atas itu kan sebenarnya resapan ya, tapi pemukiman juga semakin padat. Ini perlu dicermati semua pihak,” imbuhnya

Menurutnya, berdasarkan beberapa kejadian banjir akhir-akhir ini, keberadaan embung sangat dibutuhkan untuk menampung air hujan. “Saya lihat pemkab sebenarnya sudah merencanakan beberapa embung. Tapi memang beberapa proyek pembangunan banyak yang kena refocusing, saya akan bantu komunikasi dengan Pemprov agar dapat dicarikan solusi,” pungkasnya. [kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar