Politik Pemerintahan

Bangkalan Ajukan BK ke Pemprov Jatim untuk Pembangunan Rumah Sakit

Kepala dinas kesehatan Bangkalan, Sudiyo

Bangkalan (beritajatim.com) – Wilayah perbatasan Kecamatan Blega dengan Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan, akan dibangun Rumah Sakit tipe D. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Sudiyo mengatakan, penentuan lokasi telah lolos uji kelayakan. Sebelumnya terdapat empat lokasi yang masuk dalam pertimbangan rencana pembangunan RS tipe D tersebut.

“Sudah ditentukan, lokasinya di Desa Lombang, Kecamatan Blega, lokasinya berbatasan dengan Kecamatan Galis. Lokasi tersebut dinilai sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sebab, jarak dari Blega ke RSUD Syamrabu sejauh 40 kilometer,” terangnya, Senin (30/11/2020).

Ia menjelaskan, selama ini masyarakat di Blega cukup kesulitan mendapatkan pelayanan dan penanganan kesehatan. Sebab terkendala jarak menuju kota. Sehingga, pembangunan RS tipe D ini diharapkan dapat memberikan pelayanan dan penanganan kesehatan yang merata. “Di lokasi yang sudah ditentukan tersebut lahan cukup luas yakni 6000 meter persegi, sementara kebutuhan lahan 2000 meter persegi jadi sangat cukup,” tambahnya.

Masih kaya Sudiyo, saat ini pihaknya telah mengajukan dana Bantuan Keuangan (BK) Provinsi Jatim dan berharap pembangunan bisa segera dilakukan 2021 mendatang. “Pengajuan Rp 25 milyar ke BK Jatim, ya harapannya semoga di Acc dan pembangunan bisa segera dilakukan supaya pemerataan pelayanan kesehatan bisa menjangkau hingga pelosok,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, Nur Hasan mengaku mendukung usulan tersebut. Pemerataan kesehatan perlu dilakukan agar masyarakat pelosok bisa mendapat pelayanan secara maksimal.

“Memang kenyataan di lapangan tidak sedikit masyarakat dari pelosok yang kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan karena jarak rumah sakit terlalu jauh, dan rencana pembangunan RS tipe D akan menjadi angin segar supaya masyarakat mendapat pelayanan kesehatan,” tandasnya.[sar/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar