Politik Pemerintahan

Bakal Lakukan Assesmen, Untuk Isi 9 Jabatan yang Kosong

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemkab Ponorogo bakal melakukan asesmen terhadap pejabat eselon 2. Assesmen dilakukan untuk mengetahui penempatan jabatan pas dan baik berdasarkan hasil assesmen nantinya. Sebab ada banyak jabatan eselon 2 setingkat kepala dinas di Pemkab Ponorogo yang tahun ini kosong.

“Pejabat eselon 2 yang akan dirolling, akan dilakukan asssesmen terlebih dahulu,” kata Sekda Ponorogo Agus Pramono, Senin (14/6/2021).

Sedikitnya ada 9 jabatan yang bakal kosong di tahun ini. Yakni Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kepala Dinas Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD). Selain itu juga ada Sekretaris Dewan, Asisten 3.

Kemudian juga ada Kepala Dinas Perhubungan (kosong di bulan Juli), Assisten 1 (kosong di bulan Juli), Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM (kosong di bulan Oktober). “Asesmen ini nantinya akan dilakukan sebagai dasar mutasi yang akan dilakukan pada bulan Agustus 2021,” katanya.

Agus mengungkapkan sebenarnya mutasi bisa dilakukan sebelum bulan Agustus atau sebelum 6 bulan Bupati Sugiri Sancoko menjabat. Namun, jika dilakukan seperti itu, pihaknya harus izin dulu kepada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). “Kalau mutasi sebelum bulan Agustus, prosesnya agak panjang. Kami harus izin dulu ke Kemendagri,” katanya.

Untuk melakukan assasmen pejabat eselon 2 ini, Pemkab bakal menggandeng Universitas Brawijaya, Malang untuk mengisi asesor. Dia menyebut pihaknya sudah berkirim surat ke perguruan tinggi yang berada di Malang tersebut. “Dalam proses assesmen nanti, juga ada semacam wawancara dan lainnya oleh asesor,” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar