Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bahas APBD Jember, Bupati Hendy Jangan Ulangi Kesalahan Masa Lalu

Bupati Hendy Siswanto (kiri) dan Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi

Jember (beritajatim.com) – DPRD Jember, Jawa Timur, meminta Bupati Hendy Siswanto agar segera mengirimkan nota pengantar Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022.

“KUA-PPAS APBD 2022 agar segera dikirimkan setelah Perubahan APBD 2021 disahkan bersama. Jangan lagi ada keterlambatan dalam penetapan APBD seperti tahun-tahun sebelumnya, atau bahkan tidak punya Peraturan Daerah APBD,” kata Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi, Rabu (6/10/2021).

Menurut Itqon, semangat DPRD Jember adalah mengesahkan Perda APBD 2022 tepat waktu, sebelum 30 November 2021. Namun saat ini, eksekutif dan legislatif masih sibuk membahas Perubahan APBD 2021.

KUA-PPAS Perubahan APBD 2021 sudah ditandatangani bersama oleh pimpinan DPRD Jember dan Bupati Hendy. “Senin siang kemarin, draft raperda Perubahan APBD 2021 sudah masuk. Harapan saya dalam minggu ini pembahasan sudah running: sudah paripurna dan pandangan umum fraksi,” kata Itqon.

Itqon mendesak eksekutif bergerak cepat untuk menyelesaikan agenda Perubahan APBD 2021 dan APBD 2022 secara simultan. “Ini karena semua sudah terlambat. Kalau sesuai regulasi, KUA-PPAS APBD 2022 seharusnya masuk pada Juli 2021. Sekarang Oktober,” katanya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang PKB Jember Ayub Junaidi bisa memahami jika keterlambatan tersebut tak ubahnya efek domino dari keterlambatan pengesahan APBD 2021. Namun ia berharap agar Bupati Hendy punya keberanian dan ketegasan untuk memutus siklus keterlambatan APBD mulai tahun ini. “Jangan mengulangi kesalahan-kesalahan masa lalu,” katanya. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar