Politik Pemerintahan

Awas Penipuan Mengatasnamakan Pejabat di Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Di tengah berlakunya aturan PPKM Darurat warga dihimbau mawas diri, dan tidak mudah percaya begitu saja. Pasalnya, banyak kasus penipuan yang mengatasnamakan pejabat beredar di Gresik. Sebelumnya, Bupati H.Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) pernah dicatut namanya oleh orang tak bertanggungjawab di medsos. Kali ini giliran Pj Sekda Gresik, Abimanyu Pontjo Iswinarno dicatut soal penipuan surat pemberitahuan.

Surat pemberitahuan palsu tersebut, ditujukan ke tempat ibadah yang ada di wilayah Kabupaten Gresik. Surat palsu yang berkop sekretariat daerah dengan logo berwarna Pemkab Gresik, sempat masuk ke ponsel Kabag Humas Pemkab Gresik, AM. Reza Pahlevi.

Surat tertanggal 16 Juli 2021 bernomer 920/1243/401.216.7/2021 tentang penyaluran donasi untuk tempat ibadah yang berada di wilayah daerah Kabupaten Gesik tahun 2021. Anehnya, meski nama sekda yang tertera pada surat itu benar. Namun, tanda tangan yang dibubuhkan tidak sesuai dengan tanda tangan asli milik Pj Sekda Gresik.

“Surat yang beredar tersebut tidak benar. Tolong kepada semua pihak terutama para pengurus dan takmir tempat ibadah apabila
menerima surat pemberitahuan tersebut tidak usah ditanggapi dan dianggap hoax atau palsu,” ujar Reza Pahlevi, Minggu (18/07/2021).

Masih menurut Reza, jika ada warga yang dirugikan terkait dengan surat pemberitahuan ini. Dipersilahkan melapor ke pihak yang berwajib. Pasalnya, hal-hal semacam tidak sekali ini terjadi. Tapi, pernah ada juga namun modusnya berbeda.

“Kami tegaskan bahwa Sekda Gresik tidak pernah mengeluarkan surat tersebut yang sifatnya hanya ngarang-ngarang alias palsu,” paparnya.

Sementara Pj Sekda Gresik Abimanyu Pontjo Iswinarno saat dikonfirmasi kaget juga dengan surat pemberitahuan yang palsu ini. Dirinya baru tahu setelah anggota dewan memberitahu ada surat yang dianggap janggal.

“Saya baru tahu setelah ada salah satu anggota dewan memberitahu soal ini. Padahal, itu bukan tanda tangan saya. Harapannya pelaku yang memasulkan segera diusut karena ditengah kondisi pandemi seperti sekarang sangat mengkuatirkan,”

Abimanyu juga bercerita tidak hanya dirinya saja yang dicatut namanya. Kepala Kantor Kemenag Gresik juga mengalami hal yang sama. Untuk itu, dirinya mewanti-wanti agar masyarakat tetap waspada. (dny/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar