Politik Pemerintahan

Awal Tahun, Pemkab Ponorogo Berangkatkan 350 Orang Umrah Gratis

Peserta program umrah 1000 kyai kampung dan marbot yang diberangkatkan Pemkab Ponorogo, beberapa waktu yang lalu.(dok. beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Sebanyak 350 orang akan diberangkatkan ke tanah suci dalam program umrah 1000 kyai kampung dan marbot oleh Pemkab Ponorogo. Rencananya pemberangkatan tahap pertama tahun ini dilaksanakan pada bulan Maret nanti.

Kalau pada awalnya untuk kyai kampung dan marbot, dalam perkembangannya juga berlaku untuk guru diniyah dan hafiz. “Untuk tahun ini tahap pertama akan dilaksanakan pada bulan Maret nanti,” kata Kabag Kesra dan Kemasyarakatan Fadhlal Kirom, Senin (20/1/2020).

Pihak panitia, kata Fadhlal ada kriteria yang ditetapkan. Dia mencotohkan untuk kyai kampung dan marbot diusahakan berasal dari masjid yang tertua di desa. Selain itu masjid juga tidak dalam status sengketa dan sudah bersertifikat wakaf. Dimana awalnya panitia di tingkat kecamatan menghimpun data ke desa-desa. “Setelah pendataan selesai, langsung disodorkan ke panitia kabupaten untuk diseleksi,” katanya.

Anggaran sebesar Rp 8 Miliar disiapkan untuk memberangkatkan 350 orang tersebut. Hingga kini tahapnya, kata Fadhlal akan segera dilakukan lelang untuk kedua. Karena pada lelang pertama belum berhasil karena peserta belum memenuhi kualifikasi.

Fadhlal menambahkan program umrah 1000 kyai kampung dan marbot, sampai akhir tahun 2019 sudah diikuti oleh 552 orang. Jika ditambah dengan jumlah awal tahun ini yang berangkat, maka totalnya akan ada 902 yang diberangkatkan. “Untuk menggenapi jadi 1000, kekurangan 98 orang ini rencananya akan diberangkatkan tahun ini pada tahap kedua,” pungkasnya.(end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar