Politik Pemerintahan

Awal Program Desa Pintar Jember, Para Sekdes Ikut Sekolah Cerdas

Sekolah Cerdas bagi para sekretaris desa yang diselenggarakan selama tiga hari, resmi dibuka di Unmuh Jember, Rabu (8/9/2021). [foto: jemberkab.go.id]

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, dan Universitas Muhammadiyah Jember menjalin kerjasama untuk membuka program Sekolah Cerdas bagi para sekretaris desa yang diselenggarakan selama tiga hari, Rabu (8/9/2021).

“Selesai sekolah ini, harapan kami para sekdes ini bisa membantu kepala desa untuk mengelola keuangan maupun merealisasikan penyerapan anggaran dan ketepatan sasaran perencanaan,” kata Bupati Hendy Siswanto, usai acara.

Pemkab Jember akan mengadakan perangkat komputer agar kinerja 248 pemerintah desa dan kelurahan ini tidak terputus dengan sistem daring setiap hari. “Kami pasang sistem integrasi menuju Smart Village atau Desa Pintar,” kata Hendy.

Hendy juga meminta agar mahasiswa Unmuh Jember terlibat dalam program Desa Pintar. “Bukan hanya sekolah tiga hari ini saja, tapi juga disertai mahasiswa Universitas Muhammadiyah untuk berlatih atau belajar bersama-sama,” katanya.

Pemkab Jember akan bekerjasama dengan PT Telkom dan provider lainnya. “Ada beberapa titik yang memang blank spot. Nanti kami usahakan. Nanti ada cara. Ini (zaman) sudah modern, masa tidak ada cara. Insya Allah mudah itu,” kata Hendy. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar