Politik Pemerintahan

Awal Juni 2020, Pemkab Gresik Siapkan Fase New Normal

Wakil Bupati M.Qosim

Gresik (beritajatim.com) – Mulai awal Juni 2020, Pemkab Gresik mempersiapkan pemberlakuan fase new normal meski dalam beberapa tahapan ada pembicaraan bersama dengan tim Satgas Covid-19.

Wakil Bupati (Wabup) Gresik, M.Qosim mengatakan, terkait dengan fase new normal itu pemda sudah menyiapkan beberapa bidang guna mendukung ke arah sana. Bahkan, Bupati Sambari sudah mendatangani surat edaran mengenai pemberlakukan new normal.

“Meski nanti ada fase new normal namun protokol kesehatan tetap dijaga. Misalnya, di bidang pendidikan formal harus mempertimbangkan faktor kesehatan. Yang biasanya kelas diisi 40 orang. Adanya fase ini cukup 20 orang saja. Hal yang sama pada pondok pesantren (Ponpes) yang biasanya ada 15 santri. Namun, setelah ada fase new normal separuhnya yang diperbolehka masuk. Hal-hal inilah yang harus dipertimbangkan termasuk pelayanan publik lainnya,” katanya, Kamis (28/05/2020).

M.Qosim menjelaskan, sejumlah agenda utama mengenai fase new normal akan dibahas dalam rapat internal. Meski saat ini, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid III masih diberlakukan. “PSBB jilid III tetap berjalan tapi pola pelaksanaannya jangan sampai masyarakat malah trauma,” paparnya.

Masih kata M.Qosim, saat fase ini diberlakukan masyarakat yang berada di zona hijau silahkan melakukan aktivitas kegiatan termasuk tempat ibadah. Untuk yang zona merah sama tapi lebih mengkedepankan protokol standar Covid-19. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar