Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Atasi Masalah Sampah, DLH Bangkalan Ajukan 9 Titik TPS3R

Pengelolaan sampah di Bangkalan

Bangkalan (beritajatim.com) – Tumpukan Sampah yang ada di Kabupaten Bangkalan belum sepenuhnya teratasi. Padahal, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat sudah mengajukan 9 titik Reduce, Reuse dan Recycle (TPS3R) tahun 2021. Tetapi belum mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Pusat.

“Tahun lalu itu kita mengajukan 9 titik lokasi untuk TPS3R, tapi hingga saat ini belum ada progres yang jelas dari pengajuan itu. Karena untuk pembangunan TPS3R ini, hanya bisa diakses dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” terangnya, Minggu (22/5/2022).

Meski demikian, lanjut Anang, pihaknya telah memiliki 6 TPS3R yang sudah beroprasi dengan 32 pekerja. “Saat ini sudah ada 6 TPS3R yang sudah beroperasi, dari situ saja sudah ada 32 warga yang dipekerjakan. Jadi selain mengatasi sampah juga mampu menciptakan lapangan kerja,” ungkapnya.

Ia sangat menginginkan TPS3R ini tidak hanya terbangun di lingkup perkotaan. Melainkan, merata hingga ke setiap kecamatan se-Kabupaten Bangkalan. “Kami juga sudah beberapa kali berkomunikasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) mengarahkan pada pengelolaan sampah. Tahun ini sudah ada progres di Arosbaya ada 2 titik bersumber dari DD (Dana Desa),” tandasnya. [sar/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar