Politik Pemerintahan

Atasi Kekeringan Desa Montorna Sumenep, Bangun Embung Dana APBN

Bupati Sumenep, Ach. Fauzi [Foto/Temmy]

Sumenep (beritajatim.com) – Desa Montorna, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep merupakan salah satu desa langganan kekeringan setiap musim kemarau. Sumber mata air yang biasa digunakan warga untuk mendapatkan air bersih, kondisinya mengering setiap kemarau.

“Kami sudah bicarakan beberapa upaya untuk mengatasi masalah kekeringan di Desa Montorna. Salah satunya adalah membangun embung,” kata Bupati Sumenep, Ach. Fauzi, Kamis (10/6/2021).

Ia menjelaskan, karena untuk membangun embung di Desa Montorna itu memerlukan dana cukup besar yang tidak mungkin dicukupi keseluruhan dari APBD Sumenep, maka pemerintah daerah telah mengusulkan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

“Usulan pembangunan embung tersebut itu sudah kami ajukan sejak 2019. Alhamdulillah ada respon positif dari Kementerian PUPR. Rencananya tahun ini embung di Desa Montorna itu akan dibangun,” paparnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, saat ini pembangunan embung di Desa Montorna tersebut sudah masuk dalam proses lelang. “Karena proyek ini dibiayai APBN, maka proses lelangnya dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Brantas di Surabaya,” ujarnya.

Ia berharap dengan dibangunnya embung Montorna, nantinya masyarakat desa setempat tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan air bersih, baik untuk irigasi maupun air baku. “Kami membangun embung di Montorna, harapannya ketika musim hujan, air hujan tidak terbuang percuma, tetapi bisa ditampung dan dimanfaatkan ketika musim kemarau,” ucapnya. [tem/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar