Politik Pemerintahan

Astra Internasional Tbk Menang Tender Pengadaan Mobil Dinas Bupati Sampang

Ilustrasi mobil dinas Bupati Sampang

Sampang (beritajatim.com) – Setelah melalui proses dua kali tender, pengadaan mobil dinas (mobdin) Bupati Sampang, Tahun Anggaran (TA) 2020 segera terealisasi. Berdasarkan data di laman sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) setempat, Dealer mobil Astra International Tbk yang beralamat di Jalan Basuki Rachmad No.115 – 117, Surabaya Jawa Timur, keluar sebagai pemenang tender dengan mengajukan penawaran harga Rp 1.849.600.000 dari pagu APBD sebesar Rp 2.070.000.000.

Kabag Pengadaan Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Sampang, Cholilurahman mengatakan, tender program pengadaan mobdin Bupati dimenangkan Astra Internasional Tbk, pengumuman pemenang tender dikeluarkan Selasa (28/4/2020) kemarin.

Dari 15 peserta yang ikut tender tersebut. Hanya Astra Internasional Tbk yang mengajukan penawaran harga. Sementara peserta yang lain sebatas mendaftar dan tidak sampai mengajukan penawaran.

“Untuk sementara pemenang tender adalah Astra karena dari 15 peserta tander hanya Astra yang mengajukan penawaran harga dan setelah ini ada masa sanggah,” terang Cholilurahman, Rabu (29/4/2020).

Ia menjelaskan, waktu masa sanggah hasil tender maksimal lima hari kerja terhitung sejak pemenang diumumkan. Karena itu, bagi peserta yang meresa tidak puas dengan hasil tender tersebut, silakan mengajukan sanggahan kepada Barjas.

“Kalau tidak ada sanggahan dari peserta. Maka kami akan segera membuat surat Penunjukan Penyedia Barang/Jasa (SPPBJ) dan kontrak untuk pemenang pemenang tender,” ujarnya.

Pihaknya mengklaim bahwa proses kualifikasi peserta yang ikut dalam tender tersebut, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Sehingga penyedia jasa yang tidak lolos kualifikasi otomatis akan gugur meski mereka sudah mengajukan penawaran harga. [sar/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar