Politik Pemerintahan

Tak Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila

ASN Pemkot Batu Akan Diberi ‘Surat Cinta’

Malang (beritajatim.com) – Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Batu mulai libur atau cuti lebaran pada 30 Mei 2019. Namun, semua ASN wajib hadir saat peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2019. Jika tidak hadir, sanksi tegas siap menanti.

“Yang sudah menjadwalkan keberangkatan untuk pulang kampung mohon diubah. Karena ada sanksi potongan 25 persen tunjangan kinerja dan kami berikan ‘surat cinta’,” kata Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Jumat, (24/5/2019).

Punjul mengaku hal ini telah dikonsultasikan dengan Pemprov Jatim. Menurutnya ada dilema, sebab Hari Lahir Pancasila bertepatan dengan cuti lebaran. Namun, karena kewajiban mulai dari pusat hingga daerah semua ASN wajib menghadirinya.

“Saya dua hari lalu sudah konsultasi dengan perwakilan pemerintah pusat di Surabaya. Ini memang diwajibkan untuk tanggal 1 Juni, mulai pusat sampai daerah ada upacara karena Pancasila sebagai dasar negara,” papar Punjul.

Punjul menjelaskan potongan 25 persen tunjangan merujuk pada Perwali No 2 Tahun 2019. Dimana telah diatur tentang perhitungan tunjangan kinerja beserta potongan denda. Sedangkan ‘surat ‘cinta’ yang dimaksud adalah surat teguran mulai dari pelanggaran ringan, sedang hingga berat. Paling berat adalah ASN diberhentikan secara tidak hormat.

“Kita harus memberi contoh yang baik ke masyarakat karena kita dibayar masyarakat melalui pajak. Salah satunya kita harus ikut upacara hari kelahiran Pancasila,” tandasnya. [luc/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar