Politik Pemerintahan

Asisten II Ditunjuk Jadi Plt BPPKAD Gresik

Gresik (beritajatim.com)- Pasca operasi tangkap tangan (OTT) di Badan Pendapatan Pengelolahan Aset, dan Keuangan Daerah (BPPKAD) Gresik yang dilakukan Kejaksaan Negeri membuat pelayanan instansi tersebut nyaris lumpuh. Pasalnya, Muchtar yang menjadi Plt ditetapkan menjadi tersangka. Sehingga, kursi kepemimpinan di BPPKAD lowong.

Sebagai gantinya, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat menunjuk Siswadi Aprilianto Asisten II Pemkab Gresik.

Kepala BKD Gresik Nadlif mengaku kondisi tersebut cukup merepotkan. Sebab, BKKPAD butuh pimpinan agar bisa berjalan normal. Karena itu, harus ada pejabat yang mengisi kekosongan kursi pimpinan untuk sementara.

“Karena sekretaris dan kepala badannya tidak ada. Kami sudah merapatkan hal tersebut bersama Sekda dan Bupati. Nama pejabat sementara sudah diputuskan. Siswadi Aprilianto yang menjabat Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan ditunjuk sebagai Plt Kepala BPPKAD,” ujarnya, Kamis (17/1/2019).

Menurut Nadlif, penunjukan Plt Kepala BPPKAD sudah dilakukan melalui pertimbangan yang matang. Pejabat sementara harus benar-benar mumpuni. Khususnya, terkait kebijakan anggaran.

Siswadi yang juga mantan Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) dianggap sebagai orang yang kredibel. Dia merupakan salah satu pejabat eselon II yang cukup senior. Pengalamannya tidak diragukan.

Selain Kepala BPPKAD, ada dua jabatan eselon II yang rencananya akan dilelang. Yakni Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Kepala Dinas Sosial (Dinsos). Dua posisi tersebut masih dijabat Plt.

Jabatan Kepala Dinas Kesehatan untuk sementara diserahkan ke dr Endang Puspitowati SpTHT-KL. Endang juga menjabat direktur RSUD Ibnu Sina. Sedangkan Kepala Dinsos untuk sementara dijabat Abu Hasan yang merupakan Kepala Dinas Pol PP.

Secara terpisah, Sekda Kabupaten Gresik Andhy Hendro Wijaya menyatakan lelang jabatan akan tetap dilakukan. Namun, belum dipastikan kapan lelang akan dimulai. “Nanti akan kita rapatkan lagi bersama BKD,” jelas pejabat yang juga Ketua Tim Baperjakat itu. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar