Politik Pemerintahan

ASDP Ketapang Perbaiki Dermaga Jelang Arus Mudik Lebaran 2019

Banyuwangi (beritajatim.com) – PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Ketapang – Gilimanuk, mulai berbenah menghadapi arus mudik lebaran 2019. Saat ini, PT ASDP Ketapang tengah melakukan perbaikan dermaga.

General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang – Gilimanuk, Fahmi Alweni mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan sarana dan prasarana baik di kapal dan darat untuk memberi kelancaran pelayanan penyeberangan di Selat Bali.

“Kemarin dari Perhubungan darat maupun laut sudah melakukan rancek di ASDP Ketapang, ini menyangkut masalah keselamatan ya,” katanya.

“Kemarin, kita juga sempat melakukan penghentian sementara untuk dermaga MB3 selama 5 hari. Karena kita sedang melakukan perbaikan dermaga di dua sisi pelabuhan. Untuk memperkuat kapasitasnya,” jelas Fahmi, Kamis (9/5/2019).

Namun, kata Fahmi, perbaikan itu dipastikan selesai sebelum masuk arus mudik. “Rencananya hari ini akan kita operasikan, ini lebih cepat dari prediksi sebelumnya yaitu 7 hari tapi selesai lebih cepat hanya butuh 5 hari,” ujarnya.

Tak hanya itu, kata Fahmi, berdasarkan evaluasi yang dilakukan, sarana loket tiket juga akan ada penambahan. Baik, di Pelabuhan Ketapang maupun Gilimanuk. “Kita juga siapkan penambahan lainnya, seperti tempat loket di kedua pelabuhan, baik di Ketapang maupun Gilimanuk,” katanya.

Tahun ini, lanjut Fahmi, arus penyeberangan dipastikan akan lebih lancar. Pasalnya, ASDP memberlakukan skenario baru. “Kita tahun ini prioritaskan penumpang roda 2, kemudian di susul roda 4 nanti di share untuk ke semua kapal yang memang memiliki kapasitas lebih. Kemudian, kita juga akan berlakukan pengurangan waktu muat agar lebih cepat,” pungkasnya. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar