Politik Pemerintahan

Arzeti Bilbina: Ibu Jadi Garda Terdepan Jaga Anak dari Covid-19

Surabaya (beritajatim.com) – Anak anak menjadi fokus penting dalam penanggulangan virus Covid-19. Pasalnya banyak anak anak yang terbukti positif Covid-19. Melihat hal itu, Arzeti Bilbina anggota Komisi IX DPR RI mengatakan bahwa perempuan atau ibu menjadi tonggak utama perlindungan anak dari wabah ini.

“Dalam situasi pandemi ini, perempuan atau ibu menjadi tonggak perlindungan keluarga dan garda terdepan dari Covid-19. Para Ibu harus tegak dan disiplin dalam mengaplikasikan protokol kesehatan di rumah,” ujar Arzeti saat melakukan Talk Show di BKKBN Jatim, Kamis (4/6/2020).

Menurut Arzeti, peran ibu atau perempuan di rumah sangatlah dominan. Ibu mampu mengupayakan keluarganya agar tetap aman.

“Bahkan anak anak bisa dilindungi dan jauh dari Covid-19 jika ibu tegas menerapkan protokol kesehatan pada anaknya, menjaga anaknya untuk rajin cuci tangan, pakai masker, memantau cara bermain anak dan memberikan asupan gizi yang baik,” tambah Arzeti.

Oleh karena peran ibu dan perempuan yang dominan, Arzeti menghimbau agar para perempuan menunda kehamilannya di saat pandemi. Ia mengaku takut jika terjadi kehamilan yang tak diingin terjadi di saat sulit.

“Roda ekonomi masih sangat tidak menentu, virus juga tidak tahu kapan berakhir.Jadi jangan hamil dulu pada saat ini. Jangan sampai kita lalai dan lupa pentingnya KB, karena terbiasa di rumah saja, terlebih beban kita perempuan semakin berat jika hamil, penanganan saat ini tidak memungkinkan karena rumah sakit di fokuskan pada penanganan Covid-19,” tuturnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd bahwa disaat ini, menunda kehamilan adalah yang terpenting.

“Patuhi protokol kesehatan, meskipun New Normal jangan terlalu ber euforia hingga lupa protokoler kesehatan. Dan yang terpenting jangan hamil dulu lah, jangan sampai drop out KB,” pungkas Sukaryo. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar