Politik Pemerintahan

Arumi Lantik Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Malang

Malang (beritajatim.com) -Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Arumi Emil Elestianto Dardak melantik Ketua Tim Penggerak (TP) PKK dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Malang sisa masa jabatan 2016-2021 yakni Anis Zaidah Wahyuni Sanusi, Selasa (17/9/2019).

Pelantikan ini seiring dengan dilantiknya HM.Sanusi sebagai Bupati Malang di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Pelantikan tersebut berdasarkan SK Ketua TP PKK Provinsi Jatim nomor 11/KEP/PKK.PROV/IX/2019 tentang pemberhentian dan pengangkatan Ketua TP PKK Kabupaten Malang tanggal 16 September 2019 serta SK Ketua Dekranasda nomor 016/DEKRAN.JATIM/SK/IX/2019 tanggal 16 September 2019 tentang pengesahan dan pengangkatan Ketua Dekranasda Kabupaten Malang sisa masa jabatan 2016-2021.

Dalam sambutannya, Arumi, sapaan akrab Ketua TP PKK dan Dekranasda Provinsi Jatim ini mengutip apa yang disampaikan Gubernur Jatim saat melantik pengurus TP PKK Provinsi Jatim bahwa meraih prestasi penting namun jangan sampai lengah bahwa tantangan dan hambatan selalu datang.

“Oleh karena itu kita harus selalu adaptasi terhadap segala perubahan, tren yang ada serta apa yang terjadi di sekeliling kita. Apalagi Malang posisinya sangat strategis terutama terkait pariwisata,” katanya.

Selain beradaptasi, Arumi juga mengingatkan pentingnya kesiapan sebelum berbagai kemajuan pembangunan dilakukan. Ditambah pemerintah pusat memiliki target pembangunan proyek Selingkar Wilis, serta pengembangan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dimana Kabupaten Malang menjadi wilayah yang dilalui.

“Kesiapan ini harus dilakukan salah satunya dengan membina UMKM. Karena dengan berbagai proyek tersebut nantinya banyak pihak yang melirik potensi Malang. Jadi masyarakat lokal harus dapat peran. Jangan sampai yang mengambil peranan tersebut adalah orang luar, dan masyarakat lokal hanya jadi penonton. Harus disiapkan visi misi dalam menyambut kemajuan itu,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Arumi juga meminta Ketua TP PKK Kabupaten Malang yang baru dilantik, untuk fokus terhadap masalah penanggulangan stunting, peningkatan IPM serta masalah sampah plastik.

Terkait sampah plastik, sebut Arumi, menjadi problem bersama. Apalagi Kabupaten Malang merupakan daerah tujuan wisata, sehingga hal tersebut harus disikapi serius.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Gubernur Jatim, Sekdaprov Jatim, beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim, Forkopimda Kabupaten Malang, serta tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan di Kabupaten Malang. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar