Politik Pemerintahan

Arena Pilkades Kutorenon Ala Kampung Kuno Lamajang

Lumajang (beritajatim.com) – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kutorenon Kecamatan Sukodono ala kampung Djaman Doloe di Lapangan Desa Setempat, Rabu (18/12/2019). Warga yang datang ke arena pilkades disuguhi seorang kampung Kutorenon kuno dan warung menjual makanan tradisional.

Ide arena Pilkades dibuat kampung kuno dari rapat Panitia. Kemudian ada dana bantuan gotong royong warga untuk berpartisipasi.

“Warga di sini ingin menjadikan Pilkades sebagai ajang kerukunan dan promosi desa yang memiliki Situs Biting, KOtaraja Lamajang,” ujar Urifun, salah satu perangkat desa setempat.

Menurut dia, warga usai menggunakan hak pilihnya bisa memesan makanan tradisional gratis. “Pilkades adalah pesta demokrasi, bagi kami adalah pesta rakyat,” paparnya.

Pilkades Kutorenon hanya diikuti dua calon dari pasangan suami istri, Faisal Rizal dan Erdavizarah Faisal. Apalag Faisal Rijal adalah calon incumbent.

“Kami senang sebagai warga bisa melaksanakan Pilkades dengan aman dan nyaman,” ujar Tutik, salah satu warga.

Desa Kutorenon adalah Desa yang memiliki peninggalan sejarah sisa bangunan benteng Keraajaan Lamajang seluas 145 Hektar. Bangunan sejarah itu sebagai bukti peradaban Lamajang saat dipimpin oleh Arya Wiraraja. [har/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar