Politik Pemerintahan

Arah Dukungan Demokrat di Pilwali Surabaya Mengerucut Satu Nama

Mantan Kapolda Jatim, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin melakukan kunjungan silaturahmi di kediaman pribadi mantan Gubernur Jatim, Mayjen TNI (Purn) Imam Utomo, Jalan Kapuas Surabaya, Kamis (9/1/2020).

Surabaya (beritajatim.com) – Arah dukungan Partai Demokrat di Pilwali Kota Surabaya tahun ini kian menuju satu nama, rekom partai berlambang bintang mercy itu sudah mengerucut kepada Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio membenarkan hal tersebut. Menurut Renville, dukungan kepada mantan Kapolda Jatim itu cukup kuat dari kader yang ada di DPC hingga PAC partai Demokrat Kota Surabaya.

“Memang benar, kader kami dibawah sudah sepakat satu nama, yaitu pak Machfud,” kata Renville, Rabu (22/1/2020).

Renville juga mengaku sudah mendapatkan laporan perihal hasil jaring pendapat yang dilakaukan DPC partai Demokrat Surabaya kepada kader dibawahnya terkait sosok calon yang bakal didukung di Pilwali Surabaya.

“Saya mendapat laporan dari kader kami di Surabaya, dari sekian nama yang muncul memang pak Machfud banyak diharapakan oleh kader kami,” jelas mantan Anggota DPRD Jatim ini.

Kendati begitu, Renville memastikan, partainya akan tetap membuka pendaftaran bagi calon kepala daerah dimasing-masing daerah, termasuk Surabaya. Hal ini menyusul dikeluarkannya petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan peraturan organisasi Partai Demokrat terkait Pilkada serentak 2020 pada 15 Januari lalu.

Oleh karena itu, kata Renville, untuk mendapatkan rekom resmi dari partai Demokrat, maka Machfud Arifin harus mengikuti seluruh tahapan yang telah ditentukan, termasuk melakukan pendaftaran.

“Tetap harus mendaftar, karena itu mekanisme di partai kami,” demikian Renville.

Sebagai informasi, sebelum Demokrat, PKB-Gerindra-PAN-Nasdem diprediksi bakal berkoalisi untuk melawan PDIP di Pilwali Surabaya. Para Ketua di level kepengurusan Jatim masing-masing partai telah mengeluarkan pernyataan bakal memberikan dukungan kepada mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin. Bahkan, PKB dan PAN telah mengeluarkan surat rekom resmi terkait hal itu.(ifw/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar