Politik Pemerintahan

Apresiasi Lantik Kepala OPD, F-PAN Jatim: Pemprov Harus Maksimal Layani Rakyat

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, akhirnya melantik 16 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rabu (28/7/2021) secara hybrid. Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) DPRD Jatim mengapresiasi langkah gubernur ini.

“Alhamdulillah, akhirnya gubernur menetapkan pimpinan OPD. Ada 16 kepala OPD yang dilantik hari ini ya,” kata anggota F-PAN DPRD Jatim, Moch Azis, Rabu (28/7/2021).

Menurut Azis, setelah sekitar empat bulan OPD-OPD tersebut hanya dipimpin oleh Plt, pelantikan hari ini menjadi hal yang sangat penting. Dengan jabatan kepala OPD yang definitif, pemerintahan akan berjalan maksimal.

“Apalagi dalam situasi sekarang, diperlukan terobosan besar untuk mengejar ketertinggalan yang disebabkan oleh pandemi,” imbuhnya.

Legislator yang terpilih dari Dapil Jatim XIV (Madura) ini berharap, pelantikan pejabat definitif bukan hanya sekadar untuk menggugurkan kewajiban.

Menurutnya, penempatan pejabat harus yang berkualitas, sesuai yang diamanatkan reformasi birokrasi. Sehingga, pelayanan terhadap rakyat bisa terlaksana dengan baik.

“Jangan terkesan pelantikan kepala OPD hanya menggugurkan kewajiban, tapi pemprov melupakan pelayanan rakyat,” tegas Azis.

Azis juga berharap, dinas atau badan strategis seperti Bappeda, dapat segera menyusun langkah baru untuk membuat program menuntaskan pandemi dan pasca pandemi yang diperlukan Jawa Timur.

“Kebetulan setelah ini kami juga menyusun Raperda soal perubahan RPJMD yang bisa menata langkah strategis membangun Jawa Timur pasca pandemi,” tutur anggota Komisi A DPRD Jatim tersebut. [tok/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar