Politik Pemerintahan

Aplikasi SILARING, Mudahkan Laporan Kekeringan untuk Dapatkan Bantuan Air Bersih

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono saat menunjukkan aplikasi SILARING di handphonenya. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Air bersih menjadi salah satu kebutuhan primer masyarakat. Setiap hari manusia memerlukan air bersih untuk memenuhinya. Tak heran keberadaan air bersih ini, sangat penting jika sudah memasuki musim kemarau. Sebab, sumber-sumber air yang biasanya dipakai untuk mendapatkan air bersih, di wilayah tertentu mengering. Alhasil warga berupaya untuk mendapatkan air bersih. Salah satunya bantuan kiriman air bersih dari Pemerintah, dalam hal ini melalui BPBD Ponorogo.

Butuh beberapa hari, bagi personel dari BPBD Ponorogo untuk mensuplai air bersih ke daerah yang mengalami kekeringan. Sebab ada alur yang dilalui untuk permintaan bantuan air bersih. Mulai dari surat permohonan dari Kepala desa/kelurahan. BPBD kemudian melakukan survey ke tempat tujuan. Barulah jika memang sangat dibutuhkan dilakukan pengiriman air bersih.

“Supaya warga segera tertangani, kekeringan ini perlu penanganan yang cepat,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono, Sabtu (19/6).

Untuk itu, BPBD Ponorogo membuat inovasi dengan membuat aplikasi yang dinamakan SILARING (Sistem Informasi Laporan Kekeringan). Aplikasi itu nantinya bisa diunduh masyarakat yang berguna sewaktu-waktu bisa melaporkan keadaan wilayahnya yang mengalami kekeringan.

“Tentunya dengan aplikasi ini, bisa mempermudah pelaporan dan informasi yang dibutuhkan oleh BPBD Ponorogo terkait kekeringan yang melanda di bumi reyog,” katanya.

Dalam SILARING ini, masyarakat bisa melaporkan kekeringan di wilayahnya. Ada fitur foto, untuk bukti daerah yang dilanda kekeringan. Kemudian mengisi kondisi wilayah tersebut dengan menyebutkan jumlah kepala keluarga (KK) dan jumlah jiwanya. Tidak lupa juga mengisi kolom alamat dimana air bersih nantinya akan dikirim.

“Sesudah mengisi laporan, petugas kami mengimput data laporan yang masuk dan langsung bisa ditindaklanjuti,” katanya.

Seketika mendapatkan laporan, dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, petugas BPBD Ponorogo akan mengirimkan air bersih. Diharapkan dengan adanya aplikasi SILARING ini, dapat cepat membantu masyarakat yang memgalami kekeringan.

“Ini lebih mudah dan cepat, untuk pengajuan surat permohonan belakangan kan itu cuma secara administrasi saja. Yang terpenting masyarakat yang mengalami kekeringan segera terlayani,” katanya.

Untuk sementara pengunduhan aplikasi SILARING dapat dilakukan dengan mengeklik tautan ini : http://silaring.khasanahkonsultama.id/download/silaring_v1.0.2.apk. Ke depan aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di PlayStore. [end/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar