Politik Pemerintahan

APK dan BK Kampanye Pilkada Gresik Diserahkan

Gresik (beritajatim.com)- Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) mulai diserahkan kepada masing-masing tim pemenangan. Penyerahan APK dan BK tersebut merupakan fasilitas peserta Pilkada Gresik. Total ada 2.154 buah APK yang diserahkan KPU. Dari jumlah itu, masing-masing tim kampanye menerima 1.077 buah APK.

Rinciannya, BK terdiri dari selebaran sebanyak 133.316 lembar, brosur 133.316 lembar, pamflet 26.660 lembar dan poster 13.330 lembar. Untuk APK terdapat baliho sebanyak 5 lembar, umbul-umbul sebanyak 360 lembar dan spanduk 712 lembar.

APK paslon tersebut akan dipasang di setiap titik yang ditentukan. KPU juga berpesan agar setiap tim pasangan calon mentaati aturan pemasangan yang diatur oleh KPU dan peraturan daerah. Perwakilan tim kampanye menerima langsung APK tersebut dari KPU Gresik dan disaksikan oleh Bawaslu.

“APK dan BK sudah seratus persen kami serahkan kepada tim kampanye. Yang belum selesai adalah brosur, masing-masing pasangan kurang 59 ribu. Karena ada kendala teknis di percetakan. Namun, dipastikan besok sudah selesai,” ujar Komisioner KPU Gresik Bidang SDM dan Sosialisasi, Makmun, Rabu (13/10/2020).

Kendati difasilitasi APK dan BK, para paslon juga diberikan hak untuk mencetak maksimal 200 persen dari jumlah yang difasilitasi oleh KPU. Sehingga, jika ditotal, dalam Pilkada Gresik nanti akan terpasang sebanyak 6.462 APK.

Kendati demikian, KPU mengatur ada beberapa titik yang tidak boleh dipasangi bahan kampanye. Artinya lokasi itu bebas dari pemasangan APK. Lokasi tersebut antara lain tempat ibadah, lembaga pendidikan, rumah sakit atau layanan kesehatan hingga gedung atau fasilitas umum milik pemerintah.

“Tim paslon harus memperhatikan hal itu. Bakal ada sanksi jika melanggar, maka ada penertiban yang dilakukan oleh pihak yang berwenang,” tandas Makmun. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar