Politik Pemerintahan

Apel Siaga Bencana, Forkopimda Kota Mojokerto Siapkan Tindakan Preventif

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari dalam apel kesiapsiagaan.

Mojokerto (beritajatim.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto terus melakukan antisipasi dan kesiapsiagaan dalam menangani segala kemungkinan bencana yang terjadi di kota Mojokerto.

Seperti pada kegiatan apel kesiapsiagaan yang digelar pada Jumat (6/11/2020) di Jalan Benteng Pancasila Kota Mojokerto. Apel diikuti oleh anggota TNI, Polri, Satpol PP Kota Mojokerto, BPBD Kota Mojokerto serta para relawan.

Dalam amanatnya, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyampaikan apel siaga sebagai bentuk sinergitas serta kesiapan seluruh elemen di Kota Mojokerto yang bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana, serta menjamin terselenggaranya penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinir, dan menyeluruh.

Lebih lanjut dijelaskan Ning Ita (sapaan akrab, red), mewaspadai segala bentuk kejadian bencana yang mungkin terjadi, untuk meningkatkan kesigapan bencana, maka harus dilakukan simulasi kebencanaan.

“Kesiapsagaan masyarakat dan berkoordinasi dalam mengantisipasi bencana juga dibutuhkan, agar dapat diambil tindakan untuk mengurangi risiko ketika terjadi bencana,” ungkapnya.

Masih dalam amanatnya Ning Ita menyampaikan bahwa skala prioritas pada RPJMD Kota Mojokerto tahun 2019-2023 diantaranya adalah pembangunan insfrastruktur yaitu untuk mengatasi genangan air/banjir mengingat secara topografi Kota Mojokerto kondisinya cekung dan lebih rendah dari pada daerah sekitar, sehingga kalau ada curah hujan tinggi mudah menggenang airnya.

“Mari kita bahu membahu agar pembangunan di Kota Mojokerto berjalan dengan lancar, kesiapsiagaan masyarakat dan berkoordinasi dalam mengantisipasi bencana juga dibutuhkan agar dapat mengurangi resiko ketika terjadi bencana,” kata Wali Kota perempuan di Kota Mojokerto ini.

Ia menambahkan kesiapsiagaan masyarakat adalah upaya untuk menyiapkan kemampuan masyarakat dalam merespon kejadian bencana secara tepat dan tepat sehingga dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa dan harta benda apabila terjadi bencana.

Turut hadir dalam apel siaga dan gowes pagi ini adalah Wawali Achmad Rizal Zakaria, Kapolresta Mojokerto AKBP Deddy Supriadi, Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf. M.J. Arifin, Perwira Seksi Perlawanan Wilayah Korem 082/CPYJ Mojokerto Mayor Inf. Suko Edi Winarto serta kepala OPD di jajaran Pemkot Mojokerto. [tin/adv]





Apa Reaksi Anda?

Komentar