Politik Pemerintahan

Apel Kader Penggerak, Bupati Jember Ingatkan 9 Perintah Kader NU

Bupati Hendy Siswanto dalam apel kader penggerak NU Jember, 22 Januari 2023.

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto mengingatkan sembilan perintah kader Nahdlatul Ulama, saat memimpin apel Kader Penggerak NU Kabupaten Jember, Jawa Timur, di lapangan Taman Bunga kompleks Pondok Pesantren Nurul Islam, Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Minggu (22/1/2023).

“Sebagaimana kita ketahui bersama, organisasi Nahdlatul Ulama merupakan organisasi Islam kemasyarakatan yang telah berdiri sejak sebelum kemerdekaan. Kiprah dan kontribusi segenap kader NU di manapun berada, baik sebelum dan sesudah kemerdekaan, sudah tidak diragukan lagi,” kata Hendy.

Tahun ini, NU akan berusia genap seratus tahun dan Pengurus Besar NU mengangkat tema ‘Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru’. “Melalui tema ini, diharapkan dapat membangkitkan semangat pembaharuan di tengah umat,” kata Hendy.

Hendy mengingatkan lagi sembilan perintah kader NU. “Pertama, susun database potensi kepengurusan cabang hingga ranting. Kedua, konsolidasikan kegiatan keagamaan ahlus sunnah wal jama’ah di dalam organisasi NU maupun masyarakat,” katanya.

Ketiga, lanjut Hendy, kunjungi dan datangi para ulama, para kiai, tokoh kunci yang berpengaruh di masyarakat maupun di organisasi NU. “Petakan orang-orang dan simpul gerakan yang berindikasi menyebarkan paham wahabi, radikal Islam, faham liberal, neo komunis dalam segala bentuk dan manifestasinya,” katanya.

“Petakan problem dan kelemahan serta ancaman, tantangan, dan hambatan terhadap NU di semua tingkatan. Gerakkan potensi ekonomi warga NU, serta sumber – sumber pendanaan NU. Lakukan observasi dan identifikasi perkembangan jumlah warga NU,” kata Hendy.

Berikutnya, Hendy mengingatkan, agar warga NU melakukan pendataan dan identifikasi lembaga-lembaga strategis NU mulai dari pesantren, masjid-masjid, madrasah, Perguruan Islam dan lembaga mabarot di lingkungan NU. “Terakhir, lakukan pengembangan jaringan strategis di dalam dan di luar NU,” katanya.

Hendy mengajak segenap elemen NU untuk bersatu, dan bersama-sama bergerak memantapkan langkah guna berperan aktif dalam berbagai bidang pembangunan. “Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada segenap warga NU, khususnya di Kabupaten Jember yang selama ini telah bersama berjuang, mengabdikan diri, dan membangun kebersamaan dalam pembangunan dan kemaslahatan umat,” katanya. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar