Politik Pemerintahan

APBD Pemkab Bangkalan Tidak Sehat

Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron.

Bangkalan (beritajatim.com) – Belanja pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, tembus 60 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron membenarkan hal tersebut. Ia juga mengakui tidak sehatnya komposisi APBD di Bangkalan, terutama tentang tingginya belanja untuk Tenaga Harian Lepas (THL).

“Memang komposisi APBD kita tidak sehat. Saat ini penggunaan APBD 60 persen habis di belanja pegawai karena memang jumlah THL kita cukup banyak,” ungkapnya, Rabu (26/5/2021).

Selain itu, ia menyebut akan melakukan evaluasi di masing-masing OPD termasuk melakukan efisiensi kembali pada penggunaan APBD agar lebih semaksimal mungkin. “Akan kami evaluasi di OPD masing-masing agar lebih efisien,” tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani sempat menyentil beberapa daerah yang tidak memaksimalkan APBD dan banyak menghabiskan di belanja pegawai termasuk di Bangkalan.

Padahal, hingga saat ini jumlah kemiskinan di berbagai daerah masih tinggi. Sehingga, ia berharap setiap daerah bisa memaksimalkan penggunaan anggaran untuk mengembangkan pembangunan daerah.[sar/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar