Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

APBD Jember Tak Cukup, Anggaran Perbaikan Jalan Dicarikan Alternatif

Bupati Hendy Siswanto dan Wabup Firjaun Barlaman bertemu pimpinan DPRD Jember, di gedung parlemen, Senin (8/3/2021)

Jember (beritajatim.com) – Pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 800 kilometer di Kabupaten Jember, Jawa Timur, akan dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021. Hal ini sudah dibicarakan dalam pertemuan Bupati Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Firjaun Barlaman dengan pimpinan DPRD Jember di gedung parlemen setempat, Senin (8/3/2021).

Rencananya, program itu akan dilaksanakan dengan menggunakan anggaran tahun jamak. “Anggarannya kan tidak cukup. Semua rusak. Kita memilih pun repot yang mana dulu, berlubang semua. Jadi kita ‘multi years’-kan,” kata Hendy, usai pertemuan.

Baca Juga:

    Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim menambahkan, akan ada skema yang ditelaah kembali bersama. “Kerusakannya 800 kilometer, sementara anggarannya tidak mencukupi, maka bisa dilaksanakan dengan skema multiyears,” katanya.

    Selain itu, lanjut Halim, Pemkab Jember akan menggali sumber pendanaan lain di luar APBD. “Ini agar persoalan jalan berlubang cepat selesai. Contoh sumber dana lain misalkan bantuan keuangan provinsi dan dana APBN,” katanya.

    Yang jelas, menurut Halim, visi dan misi bupati wajib masuk dalam APBD. “Tiga program prioritas akan dilaksanakan tahun ini, sehingga konsekuensinya anggarannya juga dinaikkan. Misalkan untuk perbaikan jalan, PJU (Penerangan Jalan Umum), gaji honorer guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap,” katanya.

    Beritajatim.com menanyakan nominal asumsi rencana belanja dalam APBD tersebut kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Mirfano. “Masih dihitung. Mulai dari awal, tapi masih dirundingkan lagi,” katanya. [wir/suf]


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar