Politik Pemerintahan

APBD Jember Rp 4,4 T, Perbaikan Jalan Rp 600 M

Bupati Hendy Siswanto (kiri), Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi (tengah), dan Wabup Jember Firjaun Barlaman

Jember (beritajatim.com) – Kekuatan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jember, Jawa Timur, Tahun Anggaran 2021 mencapai Rp 4,405 triliun. Rp 600 miliar di antaranya atau sekitar 13,62 persen diperuntukkan pembangunan infrastruktur jalan raya.

“Prioritas APBD sekarang infrastruktur. Bapak-Bapak tahu semua, infrastruktur kita beberapa tahun terakhir tidak ada perbaikan. Kami berfokus pada infastruktur jalan dan penerangan jalan umum,” kata Bupati Hendy Siswanto, di sela-sela acara penyerahan dokumen Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) di gedung DPRD Jember, Senin (29/3/2021).

Prioritas berikutnya adalah sektor pertanian. “Pertanian kita harus segera hebat kembali. Kami akan support para petani kita mempermudah untuk mendapatkan pupuk dan peralatan,” kata Hendy.

Prioritas lainnya adalah pendidikan dan kesehatan. “Minimal untuk (anggaran) kegiatan kesehatan lebih dari sepuluh persen. Kurang lebih 14 persen. (Anggaran) untuk pendidikan, (dialokasikan) lebih dari 14 persen,” kata Hendy.

Hendy mengatakan, ada seribu kilometer jalan yang akan diperbaiki, dari perkotaan hingga dusun-dusun. “Dan tidak tahun ini selesai, tapi melewati tahun berikutnya atau tahun jamak. Jadi kami akan melakukan tender multiyears, kontrak tahun jamak. Tahun jamak pun tidak boleh lama-lama. Maksimum pada Maret sudah harus selesai,” katanya.

“Kenapa seperti itu (menggunakan anggaran tahun jamak)? Bisa kita bagi-bagi (alokasi anggaran) hingga tahun 2024. Cuma (kondisi) kebutuhan di lapangan sudah sangat memprihatinkan dan itu menimbulkan banyak kejadian (kecelakaan lalu lintas karena jalan berlubang). Jatuh korban. Taruhannya nyawa. Maka tidak ada kata lain, harus kita lakukan dengan kontrak tahun jamak,” kata Hendy.

Kontrak tahun jamak ini membawa dampak positif lainnya. Menurut Hendy, selain jalan bisa segera diperbaiki, uang anggaran pembangunan berputar di Jember dalam waktu cepat dalam kurun waktu pendek. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar