Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Antisipasi Varian Omicron, Pemerintah Perlu Pertegas Karantina

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta (beritajatim.com) – Penyebaran virus corona varian Omicron yang saat ini tengah terjadi di sejumlah negara menjadi ancaman juga bagi Indonesia.

Untuk itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah terus mengupdate perkembangan virus corona varian Omicron tersebut. Termasuk cara penyebarannya dan negara-negara yang telah terdeteksi varian tersebut, sehingga pemerintah Indonesia dapat segera mengatur langkah antisipasi dan penanganan terhadap varian baru virus corona tersebut.

“Pemerintah perlu lain bersikap tegas memberlakukan karantina terhadap wisatawan manca negara maupun WNI yang baru pulang dari luar negeri,” ujar Bamsoet, sapaan Bambang, Senin (29/11/2021).

Dia meminta pemerintah mengantisipasi dan melakukan langkah preventif secara ketat agar varian virus Omicron tersebut tidak sampai masuk ke wilayah Indonesia, dengan selektif melakukan pemeriksaan terlebih bagi WNA yang akan masuk Indonesia, mengingat diperkirakan mobilitas masyarakat akan meningkat jelang akhir tahun 2021 ini.

Politikus Partain Golkar ini pun berpendapat, pemerintah perlu memperketat atau mempertimbangkan untuk menutup sementara akses masuk orang dari luar negeri ke wilayah Indonesia, guna mencegah masuknya varian baru virus corona, khususnya yang saat ini tengah merebak yaitu Omicron dan Delta Plus. Kemudian pemerintah juga diminta segera melakukan tracing kepada masyarakat yang kurang lebih dalam kurun waktu dua minggu terakhir melakukan perjalanan dari luar negeri, terutama dari negara yang terdeteksi memiliki penyebaran varian virus corona Omicron, sehingga dapat dilakukan tes covid-19 lebih lanjut guna mencegah varian baru tersebut masuk dan meluas ke wilayah Indonesia.

“Pemerintah juga harus lebih masif dalam mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam setiap kegiatan maupun aktivitas sehari-hari, dan mengingatkan agar masyarakat tidak lengah di tengah penurunan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia,” kata Bamsoet. (hen/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar