Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Antisipasi Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku, Dinas Pertanian Memberikan Edukasi ke Perternak

Gresik (beritajatim.com) – Pada awal bulan Mei, Kabupaten Gresik sedang menghadapi wabah Penyakit Mulut dan Kuku atau yang biasa disebut PMK.

Dan pada tanggal 9 Mei 2022 terbit surat edaran Bupati untuk seluruh pasar hewan yang ada di Gresik ditutup dan untuk pemotongan hewan harus di RPH (rumah potong hewan).

Dinas Pertanian dan Kepolisian Resor Kabupaten Gresik bekerja sama, turun langsung ke lapangan untuk memantau dan memastikan TPH (Tempat Pemotongan Hewan) perorangan apakah benar-benar ditutup dan dipindahkan ke RPH.

Dan sampai saat ini kasus PMK yang ada di Gresik sudah terjadi di 11 Kecamatan dan 58 Desa, tapi Dinas Pertanian menyatakan sudah banyak hewan yang sudah mulai sembuh dan tingkat kematian pada hewan berkurang sehingga masyarakat tidak perlu takut dengan PMK ini karena penyebaran PMK tidak menular kepada manusia.

Untuk memutus rantai penyebaran dan mengantisipasi PMK pihak Dinas Pertanian selalu mengedukasi ke peternak hewan, untuk cepat memisahkan hewan yang sakit dan menyemprotkan desinfektan ke setiap kandang.[adv]


Apa Reaksi Anda?

Komentar