Politik Pemerintahan

Antisipasi Pemudik, Pemdes Balenrejo Sebar Selebaran di setiap Rumah

Bojonegoro (beritajatim.com) – Secara geografis Desa Balenrejo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro menjadi pintu masuk warga yang mudik menggunakan jalur transportasi bus. Sehingga hilir mudik orang dari luar lebih banyak.

Kepala Desa Balenrejo, Imam Pribadi mengatakan posisi desa yang dia pimpin berada di jalan provinsi yang menjadi titik penurunan penumpang bus dari arah Surabaya. Dengan begitu, pihaknya khawatir jika penyebaran Virus Corona atau Covid-19 ini terjadi masif di desanya. “Sehingga harus ada perhatian khusus,” ujarnya, Jumat (17/4/2020).

Sehingga, untuk mengantisipasi pemudik yang nekad pihaknya mengaku sudah menyiapkan antisipasi. Salah satunya dengan menyediakan rumah isolasi dan menyebarkan imbauan ke seluruh rumah jika ada anggota keluarga yang dari luar daerah untuk tidak mudik. “Pemdes memberi selebaran satu rumah satu imbauan agar tidak nekad mudik bagi anggota keluarga yang berada di luar daerah,” katanya.

Sementara Camat Balen Nanik Lusetiyani mengungkapkan pemerintah kecamatan sudah menerapkan sistem pengamanan bagi para pemudik dengan lebih diperketat, desa juga mengantisipasi termasuk bekerjasama dengan puskesmas.

“Jika selter yang disediakan sudah tidak mampu menampung bisa dilakukan isolasi mandiri dengan pengawasan dari tim desa. Khususnya bagi warga yang masih dalam status ODR,” jelasnya.

Sementara Kepala Puskesmas Balen Vera menjelaskan adanya pandemi Virus Corona atau Covid-19 ini pihak puskesmas terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa agar mengaktifkan gugus tugas penanganan Covid-19 serta memberi imbauan agar tetap memakai masker saat keluar rumah dan menjaga jarak. “Rumah isolasi bagi setiap desa ini dengan prosedur ada tempat makan yang tidak bergantian, kamar mandi, ventilasi yang bagus dan jarak bad dua meter,” jelasnya. [lus/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar