Politik Pemerintahan

Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Nataru, Pemkot Kediri Bersama TPID Lakukan Inspeksi

Kediri (beritajatim.com) – Meningkatnya harga-harga atas komoditas tertentu terutama bahan-bahan pokok menjelang hari besar sering kali terjadi. Meski demikian, Pemkot Kediri bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terus berupaya untuk ‘mengendalikan’ harga-harga.

Seperti kemarin (22/12/2020), Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri bersama dengan TPID lakukan inspeksi harga kebutuhan pokok di pasar tradisional dan modern.

“Inspeksi ini kami lakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga jelang Natal dan tahun baru 2021,” ungkap Tanto Wijohari, Kepala Disperdagin Kota Kediri.

Dalam inspeksi yang dilakukan di pasar Setonobetek dan Hypermart ini, tim tidak menemui lonjakan harga yang siginifikan. Menurut Tanto, ketersediaan dan harga barang-barang kebutuhan pokok secara umum terpantau aman dan stabil.

“Sejumlah komoditas baik ketersediaan barang hingga harga sejauh ini terpantau aman dan stabil, hanya saja untuk komoditas ayam mengalami kenaikan menjadi Rp.33.000,-/kg dan telur ayam Rp. 26.000,-/kg,” imbuh Tanto.

Sementara itu, kegiatan monitoring pasar menjelang hari besar ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Tanto Wijohari, berikut diikuti oleh unsur-unsur TPID yang terdiri dari Bank Indonesia Kota Kediri, Barenlitbang, DKPP, Dinas Kesehatan, UPT Perlindungan Konsumen, Bulog Kediri, dan Perumda Pasar Joyoboyo Kota Kediri.

Pemerintah Kota Kediri berharap, melalui agenda yang rutin dilakukan terutama saat menjelang hari-hari besar ini memberikan dampak yang positid bagi setiap lapisan masyarakat. Baik untuk produsen, distributor, maupun konsumen. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar