Politik Pemerintahan

Antisipasi Longsor Vertiver Disebar di Kabupaten Probolinggo

Probolinggo (beritajatim.com) – TNI-POLRI dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, menggalakkan penanaman Rumput Vertiver, untuk mengembalikan fungsi lahan dan mencegah longsor.

Penanaman perdana dimulai di wilayah lereng Gunung Argupuro, Desa Bremi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo. Desa Bremi, sendiri dipilih sebagai lahan konservasi Vertiver, karena lokasinya memang berada kawasan perbukitan.

Komandan Kodim (Dandim) 0820 Probolinggo, Letkol. Inf. Imam Wibowo, mengatakan, upaya penanaman rumput vetiver, atau akar wangi, dilaksanakan sesuai instruksi Presiden Jokowi, melalui Panglima Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. “Kita terjemahkan langsung perintah presiden lewat panglima,” kata Imam.

Vertiver, lanjut perwira menengah TNI itu, menjadi pilihan terbaik untuk ditanam di lahan perbukitan, pinggiran sungai, dan daerah curam. “Sekalipun berjenis rumput, tetapi memiliki akar yang menghunjam hingga kedalaman dua sampai dua-setengah meter,” sambung Imam Wibowo, yang juga memimpin langsung acara perdana gerakan penanaman vertiver.

Tidak ada jenis rumput lain yang bisa menggantikan vertiver, karena sudah terbukti sebagai pencegah longsor terbaik. “Bioteknologi vertiver sudah diujicoba dan mendapat pengakuan World Bank bahkan PBB. Di banyak tempat dan negara, tanaman ini sudah dikenal luas sebagai tanaman pencegah longsor,” terang Imam Wibowo.

Untuk Desa Bremi, jumlah rumput vetiver yang ditanam sebanyak 2000 bibit. Dan rencananya akan terus secara bergiliran ditanam di titik titik rawan longsor di daerah dataran tinggi lainnya. Seperti di wilayah Kecamatan Sumber dan Desa/Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Menanggapi gerakan penanaman vertiver atau akar wangi, Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, menyatakan, secara marathon pemerintah daerah tengah menyusun rencana anggaran untuk pengadaan vertiver. Bahkan saat ini proses perhtungan secara rigid, sudah masuk di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo. “Kita laksanakan instruksi presiden untuk menyelamatkan lahan dari ancaman longsor. Kita sudah siapkan anggaranya. Kalau hitungan detailnya ada di DLH,” ujar Timbul Prihanjoko.

Untuk diketahui, dari geografisnya, Kabupaten Probolinggo, terletak di lereng pegunungan yang membujur dari Barat ke Timur, yakni Gunung Semeru, Argopuro, Lamongan dan Tengger. Selain itu terdapat gunung lainnya, seperti Gunung Bromo, Widodaren, Gilap, Gambir, Jombang, Cemoro Lawang, Malang dan Batujajar. Sedangkan dilihat dari ketinggian, berada pada 0-2500 meter di atas permukaan laut.

Kegiatan penanaman vertiver perdana di Kabupaten Probolinggo, juga dihadiri Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjok, Kapolres Probolinggo, AKBP Ferdy Irawan, perwakilan perhutani dan sejumlah dinas terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo, pelajar dan masyarakat. [eko/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar