Politik Pemerintahan

Antisipasi Gangguan Sinyal Hari H Pilkada, KPU Sumenep Koordinasi dengan Kominfo

Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep berkoordinasi dengan Dinas Kominfo setempat, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan sinyal saat hari ‘H’ Pilkada, 9 Desember 2020.

“Saat penghitungan perolehan suara dalam Pilkada, nantinya akan menggunakan aplikasi ‘Sirekap’. Atau sistem informasi rekapitulasi yang sudah kita simulasikan Sabtu kemarin. Dengan ‘Sirekap’, tentu saja dibutuhkan sinyal yang bagus, karena ini on line,” kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Senin (02/11/2020).

Sirekap merupakan aplikasi untuk penghitungan dan rekapitulasi. KPPS nantinya akan menggunakan HP untuk mengambil foto C plano. Dari situ akan keluar angka-angka, yang jika dikonfirmasi benar, maka setiap saksi pasangan calon dan pengawas di TPS akan memperoleh salinannya melalui Sirekap.

“Kami memprediksi yang kesulitan sinyal internet di daerah kepulauan, terutama di luar ibu kota kecamatannya. Kalau di desa-desa di ibu kota kecamatannya, sinyal internet ada. Nah, ini yang sedang dipikirkan bersama KPU RI, apakah memungkinkan penggunaan ‘sirekap’ secara off line,” papar Warits.

Untuk wilayah daratan atau kecamatan kepulauan di pusat kotanya, ia meyakini tidak ada kesulitan untuk menggunakan ‘sirekap’, kecuali jika ada gangguan.

“Karena itulah kami berkoordinasi dengan Kominfo, sebagai upaya antisipasi apabila pada hari H ada gangguan internet,” terangnya.

Kabupaten Sumenep terdiri dari 27 kecamatan. 9 diantaranya merupakan kecamatan kepulauan, dengan total jumlah pulau 126. 48 diantaranya merupakan pulau berpenghuni.

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep 2020 diikuti dua pasangan calon. Nomor urut 1 pasangan Achmad Fauzi – Nyai Hj. Dewi Khalifah. Pasangan ini diusung lima partai politik, yakni PDI Perjuangan, PAN, Gerindra, PKS, dan PBB. Sedangkan pasangan nomor urut 2, Fattah Jasin – KH. Ali Fikri. Pasangan calon ini juga diusung lima partai politik di parlemen, yakni PKB, PPP, Demokrat, Hanura, dan Nasdem. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar