Politik Pemerintahan

Antisipasi Covid-19, Pemkab Mojokerto Siapkan Anggaran Tak Terduga Rp 6,5 Miliar

Mojokerto (beritajatim.com) – Pemkab Mojokerto melalui APBD 2020 menyiapkan anggaran belanja tidak terduga senilai kurang lebih Rp 4 miliar, ditambah anggaran bansos terencana dan tidak direncanakan sebesar Rp2,5 miliar untuk tanggap darurat. Anggaran tersebut disiapkan untuk penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Bupati Mojokerto, Pungkasiadi mengatakan, pihaknya meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto untuk mengupdate terkait perkembangan Covid-19 di Kabupaten Mojokerto. “RS Soekandar ada ruang isolasi karena sudah ditunjuk, tidak kalahnya dengan RS Gedeg dan Puskesmas kita minta untuk siap siaga. SOP kita lakukan,” ungkapnya, Senin (16/3/2020).

Masih kata Pung (sapaan akrab, red), pihaknya mensinergikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan memanfaatkan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) yang ada. Pemkab Mojokerto juga menyiapkan dana tak terduga dan dana tidak direncanakan sebesar Rp6,5 milyar.

“Aplikasi seperti apa? Dan kebutuhannya seperti apa? Teman-teman CSR juga bisa membantu. Disiapkan bukan untuk Corona saja tapi bunyi dana tak terduga dan dana tidak direncanakan sebesar Rp6,5 milyar. Tahun kemarin direncanakan untuk tahun ini tapi bukan karena ada Corona,” ujarnya.

Pung mengaku, menghadapi Covid-19 Pemkab Mojokerto dikatakan siap dan tidak siap. Namun Pemkab Mojokerto memiliki stok masker sebanyak 300 ribu, masker khusus sebanyak 2 ribu dan hand sanitizer sebanyak 3 ribu botol. Pihaknya menghimbau pemerintah, dunia usaha, akademisi, urusan ibadah, termasuk media untuk bersama-sama mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Statusnya sama jika seperti ini, bahasanya diam di rumah. Tidak ada khusus tenaga asing karena kita sama posisinya, di lokasi yang sama. Kedatangan harus tahu dari mana, Dinas Kesehatan harus terus update. di Kabupaten Mojokerto ini, tidak ditemukan suspec Covid-19 atau orang dalam pantauan sampai saat ini,” tegasnya. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar