Politik Pemerintahan

Antisipasi Corona, Tes SKB di Ponorogo Ditunda Hingga Waktu yang Belum Ditentukan

Kepala BKPSDM Ponorogo Winarko Arief(foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Virus corona yang sudah menyebar dibeberaoa wilayah di Indonesia, membuat acara-acara yang mengumpulkan banyak orang terpaksa dibatalkan atau ditunda. Salah satunya penundaan tahapan rekrutmen pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemkab Ponorogo.

“Sesuai surat edaran dari Kemenpan RB, untuk pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) ditunda sampai waktu yang belum ditentukan,” kata Kepala BKPSDM Ponorogo Winarko Arief, Sabtu (21/3/2020).

Winarko menyebut sejatinya rencana awal pelaksanaan SKB untuk Pemkab Ponorogo akan dilakukan di tanggal 1 April 2020. Karena antisipasi persebaran virus yang berasal dari Kota Wuhan, China itu mau tak mau harus ditunda. Penjadwalan ulang pun juga masih menunggu perkembangan dari pencegahan virus Covid-19 tersebut. Namun meski ditunda, Winarko menyebut pengumuman CPNS yang lolos pada tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD) tetap sesuai jadwal sebelumnya. “Akan diumumkan secara serentak nasional, Insyallah kalau bukan tanggal 22 Maret, ya tanggal 23 Maret 2020,” katanya.

Winarko menambahkan meski sah ditunda, namun secara materi pihaknya tidak mengalami kerugian. Pasalnya persewaan gedung maupun ratusan komputer terssebut juga belum dibayar. Lagian semua tahu, penundaan ini karena suatu hal yang memang urgent menyangkut keselamatan orang banyak. “Saya kira tidak mengalami kerugian, sebab sewa-sewanya juga belum ada yang dibayar,” katanya.

Sebelumnya diketahui, kruitmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Ponorogo akan memasuki tahap tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Sebanyak 8146 peserta yang lolos pada seleksi administrasi beberapa waktu yang lalu, rencananya akan mengikuti tes SKD. Pelaksanaan tes pada tanggal 15-20 Februari 2020, bertempat di gedung expotorium Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMP).

Kepala BKN Kantor Regional 2 Jawa Timur Tauchid Djatmiko meninjau langsung venue yang akan menjadi tempat tes SKD tersebut. Ditemani Sekda Agus Pramono dan Kepala BKPSDM Ponorogo Winarko Arief, Tauchid mengecek satu per satu ruangan. Mulai dari tempat masuk peserta, penitipan barang, pemeriksaan fisik, ruang tunggu dan ruang untuk peserta mengerjakan tes SKD.(end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar