Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Antisipasi Banjir, Wabup Sidoarjo Sidak Rumah Pompa Waru

Sidoarjo (beritajatim.com) – Antisipasi meluapnya sungai di wilayah Sidoarjo Utara, Wakil Bupati Sidoarjo H.Subandi melakukan peninjauan rumah pompa di daerah aliran sungai di Kecamatan Waru.

Subandi sidak didampingi Sekretaris Komisi A DPRD Sidoarjo Warih Andono, Camat Waru Rudi. Kabid Pengairan dinas PUMBSDA, serta Kepala Desa terkait, Rabu (8/12/2021).

Ada lima rumah pompa yang ditinjau Subandi yakni rumah pompa Griya Mapan Sentosa, rumah pompa Tambak Sawah, rumah pompa Tambakrejo Baru, Rumah pompa Tambakrejo Gang Perahu dan Rumah pompa Tambakrejo Gang Kelinci. Pengecekan ini sebagai bentuk antisipasi puncak musim hujan.

“Hari ini kita sidak mengecek 5 rumah pompa air nantinya tidak hanya kita cek di Waru dan sedati saja tetapi akan kita lihat titik mana saja yang biasanya menjadi langganan banjir agar nantinya semua air dapat terbuang dengan baik,” kata Subandi.

“Selain itu, kita mengecek kapasitas Dam kita bagus semua, hanya saja ada beberapa tertutupi tanaman eceng gondok di sekitar pompa air,” sambungnya.

Wabup Subadi minta Dinas PU BM SDA melakukan normalisasi sungai dan membersihkan eceng gondok yang terlihat membenahi permukaan kali segera diambil karena menghambat aliran air.

Selain dipenuhi eceng gondok, juga terjadi penyempitan sungai karena sedimentasi atau pengendapan di sekitar rumah pompa air Griyo mapan sentosa yang merupakan aliran sungai dari Desa Ngingas, Desa Kureksari dan Desa Tropodo.

“Saya minta Dinas PU BM SDA fokus melakukan pembersihan di Sungai Cantel yang berada di Desa Tambakrejo. Dalam minggu ini harus segera terselesaikan, sehingga aliran air bisa lancar dari hulu ke hilirnya. Kita melihat hujan tidak seberapa deras saja permukiman warga sudah banyak yang terendam,” terang pria yang juga Ketua DPC PKB Kab. Sidoarjo itu.

Sementara itu, Sekretaris Komisi A DPRD Sidoarjo Warih Andono mengapresiasi apa yang dilakukan Pemkab Sidoarjo. Warih berharap pengecekan dilakukan terus menerus untuk antisipasi penanganan banjir di Sidoarjo.

“Karena kami selaku legislatif mitra pemerintah tentu akan memberikan persetujuan apabila diusulkan oleh pemerintah daerah terkait dengan penganggaran – penganggaran dan pelaksanaan untuk mengurangi banjir yang ada di Sidoarjo,” tandas politisi Partai Golkar tersebut. [isa/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati