Politik Pemerintahan

Antisipasi Banjir, Pemkab Malang Siapkan Karung Plastik dan Kawat Bronjong

Kepala DPUSDA Pemkab Malang, Avicenna Medisica Saniputera.

Malang (beritajatim.com) – Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPUSDA) Kabupaten Malang mulai menyiapkan ribuan karung plastik dan 200 kawat bronjong untuk mengantisipasi banjir dan tanah longsor pada musim hujan tahun ini.

“Kita ketahui, saat ini curah hujan sangat ekstrim karena adanya fenomena iklim Hidrometeorologi. Maka kita sediakan 2000 karung plastik dan kawat Bronjong untuk antisipasi jika ada bencana banjir dan tanah longsor,” ungkap Kepala DPUSDA Pemkab Malang, Avicenna Medisica Saniputera, Kamis (4/2/2021).

Pria yang akrab disapa Avi ini menjelaskan, kawat Bronjong tersebut nantinya dapat digunakan jika ada longsor di bibir anak sungai.

“Untuk mengatasi tanah longsor di bantaran sungai sementara akan kita gunakan Bronjong, sedangkan karung plastik itu membendung sementara, karung plastik itu nantinya akan diisi dengan pasir,” tegasnya.

Kata Avi, pihaknya juga telah merencanakan untuk melakukan normalisasi saluran irigasi dan beberapa sungai agar tidak terjadi banjir.

“Kita akan lakukan normalisasi irigasi, kita juga sudah koordinasi dengan Provinsi dan balai besar untuk melakukan normalisasi sungai, karena sungai itu ada yang masuk wewenang provinsi dan pusat,” terangnya.

Untuk itu, tambah Avi, dirinya meminta kepada masyarakat Kabupaten Malang untuk ikut berpartisipasi mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

“Diharapkan masyarakat ikut berpartisipasi, jika dilihat di sungai ada kayu yang dinilai dapat menyumbat aliran air sungai supaya mengambilnya,” pungkasnya. [yog/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar