Politik Pemerintahan

Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto Susur Sungai

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto, Bambang Purwanto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Sampah menjadi salah satu penyebab banjir yang terjadi di sejumlah sungai yang mengalir di wilayah Kabupaten Mojokerto. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mojokerto mempunyai program susur sungai.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto, Bambang Purwanto mengatakan, menumpuknya sampah di sejumlah sungai yang ada di Kabupaten Mojokerto menjadi penyebab banjir. “Ada beberapa desa terlintas sungai,” ungkapnya, Sabtu (2/1/2021).

Masih kata Bambang, sehingga Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto membuat program susur sungai untuk mengantisipasi potensi banjir yang disebabkan sampah. Karena banyak daerah yang terlintas sungai terdampak banjir salah satunya karena sampah yang menumpuk di sungai.

“Kami buat program susur sungai, karena potensi banjir itu juga tidak lepas dari menumpuknya sampah di sungai-sungai tersebut. Untuk daerah-daerah yang berpotensi banjir itu karena banyak diakibatkan oleh menumpuknya sampah ini perlu kami lakukan program susur sungai dari hilir,” katanya.

Bambang menambahkan, setiap desa yang bersinggungan dengan sungai juga akan diminta untuk mengelola sungai dengan baik. Karena menurutnya, kemandirian desa dalam rangka penanganan banjir juga harus partisipasinya lebih aktif lagi sehingga banjir akibat sampah yang menumpuk bisa diatasi.

“Pola hidup masyarakat membuang sampah juga menjadi penyebab banjir. Dengan program kita susur sungai ini, semua pihak, masyarakat yang punya bambu harus diajak diskusi agar tidak dibuang ke sungai. Solusi terdekat dibersihkan karena belum satu bulan sudah penuh lagi. Seperti di Sungai Sadar,” ujarnya. [tin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar