Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto Normalisasi Sungai

Bupati Mojokerto, Ikfina Fatmawati didampingi Sekdakab Teguh Gunarko dan Kepala Dinas PUPR Bambang Purwanto saat mengecek kondisi Sungai Sumber Pasinan.

Mojokerto (beritajatim.com) – Normalisasi saluran sungai dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mojokerto dalam rangka pengendalian banjir. Secara langsung, Bupati Mojokerto Ikfina Fatmawati mengecek normalisasi di Sungai Sumber Pasinan Kecamatan Pungging.

Bupati Ikfina mengatakan, kegiatan tersebut merupakan monitoring proses mitigasi di sejumlah aliran sungai. “Mitigasi dilakukan untuk mengetahui penyebab banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto. Termasuk di Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging ini,” ungkapnya.

Masih kata Bupati, di Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, terdapat aliran sungai yang harus dilakukan pembersihan. Pasalnya, banyak terjadi penumpukan sampah dan tumbuhan di aliran sungai yang menjadi penyebab banjir.

“Kita cek. Alhamdulillah sudah berjalan beberapa hari sebelumnya bahwa aliran sungai sudah terlihat bersih. Dan mudah-mudahan ini nanti menjadi upaya kita untuk mencegah banjir yang biasa terjadi setiap tahunnya,” katanya.

Pembersihan sungai dari sampah dan tanaman di sejumlah sungai yang ada di Kabupaten Mojokerto sudah dilakukan sejak satu bulan terakhir. Menurutnya, masih ada beberapa titik lagi selain sungai yang ada di Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging.

“Selain di sini (Balongmasin), ada satu titik lagi di wilayah Trowulan. Kemudian di utara sungai sudah ditanggani. Tempuran, Sooko juga merupakan langganan (banjir) dan daerah Mojoanyar juga sudah selesai dilakukan pembersihan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto, Bambang Purwanto menambahkan, di Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, ada dua dusun yang terdampak banjir dari aliran sungai yang ada.

“Yakni Dusun Patung dan Pungging dengan 250 KK dan sawah seluas 40 hektar. Aliran Sumber Pasinan melewati 2 desa yakni Desa Balongmasin dan Pungging. Di Desa Balongmasin, normalisasi sudah selesai 800 meter, sedangkan Pungging kurang lebih sudah 1.000 meter dan masih kurang 500 meter,” jelasnya. [tin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar